Ingin Liburan Dengan Budget Pas-pasan? Begini Caranya

SALISMA.COM (SC) – Berlibur menjadi kegiatan yang paling dinanti-nanti setiap orang. Letih beraktivitas, liburan bisa menjadi hal menyenangkan untuk kembali mendapatkan semangat baru.

Nah, jika anda salah satu tipe orang yang suka liburan atau travelling dan berencana akan melakukannya di hari cuti atau tanggal merah tapi budget pas-pasan, saat ini waktunya Anda untuk memilih tempat-tempat yang bisa meminimalisir keuangan anda agar tidak banyak pengeluaran.

Bahkan ada beberapa orang merencanakan jauh-jauh hari untuk pergi liburan. Adanya kendala membuat kita gagal untuk liburan, salah satunya uang yang pas-pasan, mahalnya tiket transportasi dan tempat masuk membuat kita panik bahkan gagal untuk pergi liburan. Nah disini salisma.com berikan tips-tips liburan dengan budget pas-pasan yang bisa anda rencanakan.

1. Pilih alat transportasi yang murah
Jika anda ingin berlibur dengan memakai alat transportasi pesawat maka cobalah untuk menggantinya dengan kereta api, bus ataupun kapal. Alat transportasi ini terbilang lebih murah dan mudah untuk anda temui. Sambil menikmati pemandangan anda juga bisa berkenalan dengan orang-orang baru yang anda temui.

2. Nginap di tempat teman atau saudara
Memiliki teman atau saudara di tempat tujuan liburan anda sangat menguntungkan. Anda bisa menginap di tempat mereka untuk menekan pengeluaran liburan yang cukup besar.
Jika anda menginap di hotel maka akan banyak pengeluaran. Menginap di tempat teman atau saudara bisa memperat hubungan anda dengan mereka.

3. Memilih makanan yang murah
Saat liburan anda harus membatasi biaya makan untuk menghemat. Jika anda menganggap makan di restoran murah, cobalah untuk makan di pinggir jalan atau warteg. Makanan disini jauh lebih murah daripada restoran, biasanya diwarteg ini menyediakan minum air putih gratis, bahkan ada juga yang memberikan gratis tambah nasi, lumayan kan?

Eits, tapi perhatikan dulu yah sebelum makan di warteg, perhatikan dulu kebersihan dan makanan yang dipilih tersebut. Meskipun hemat, kesehatan tetap nomor satu loh.

4. Masuk ke wisata yang gratis
Masuk ke wisata yang dikelola oleh pemerintah lebih murah loh daripada yang di kelola oleh swasta atau pribadi. Misalnya alun-alun kota, taman kota, pantai dan pura.

Jika anda sedang beruntung bisa jadi ada acara di alun-alun kota untuk membuat anda tidak terlalu bosan.

5. Mengurangi belanja
Biasanya ini tentang oleh-oleh, sebaiknya anda kurangi untuk belanja. Pilihlah oleh-oleh yang murah dan dapat banyak, contohnya mainan kunci, kerupuk dan keripik. Dan list dulu orang-orang yang akan anda beri oleh-oleh.

Jika anda orang yang biasa belanja maka kalau budget pas-pasan ditahan dulu yah.

6. Pergi bersama-sama
Jika anda punya budget pas-pasan pergi beramai-ramai adalah solusinya. Karena ada banyak paket liburan serta tiket masuk lokasi wisata yang memberikan potongan harga untuk mereka yang datang berombongan.

Jika anda mengikuti tips-tips di atas, dijamin liburan anda tetap hemat dan anda bisa menikmati liburan. Selamat mencoba. (smg2)