Harga Sawit Anjlok, Petani di Desa Tanjung Pauh “Menjerit”

SALISMA.COM (SC) – Sudah hampir sepekan ini, harga tandan buah segar kelapa sawit anjlok. Selama sepakan berlangsung harga sawit di bawah Rp1000 per kilogram.

Kondisi ini membuat para petani sawit di Kabupaten Kuantan Singingi, tepatnya di Desa Tanjung Pauh mengeluh.

“Terakhir kali beberapa hari yang lalu saya jual sawit cuma Rp 800 saja. Para pengepul bilang harganya memang turun dari perusahaan tempat mereka menjual,” kata Rita, petani sawit di Desa Tanjung Pauh, Kecamatan Singingi Hilir, Jumat 26 Oktober 2018.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Anto, petani sawit Desa Tanjung Pauh. Sepekan yang lalu dia menjual sawit dengan harga Rp900 per kilogram hingga saat ini turun menjadi Rp800 per kilogram.

Banyak sekali diantara mereka yang mengeluhkan turun drastisnya harga sawit, yang sebelumnya mencapai harga Rp1300 per kilogram.

Turunnya harga ini banyak membuat para petani mengeluh apalagi dengan biaya perawatan yang tidak sebanding dengan harga sekarang.

Petani sawit berharap harga ini tidak akan berlangsung lama, agar tidak menyengsarakan para petani kelas bawah yang penghasilannya tidak seberapa.

“Ya, kami berharap agar harga sawit ini segera normal seperti biasanya. Dulu pernah mencapai Rp1750 per kilogram nya. Namun tidak berlangsung lama,” ucapnya. (smg2)