Bukan dari Biji, Seduhan Kopi Kawa Daun Juga Nikmat Diminum di Sore Hari

SALISMA.COM (SC) – Sumatera Barat punya Kopi Kawa yang unik. Bukan dari biji, minuman ini terbuat dari daun kopi yang diseduh seperti teh. Sudah coba?

Kalau kalian sudah pernah tahu atau pernah merasakannya. Ya di Sumatera Barat lokasinya. Tepatnya di Kiniko, yaitu salah satu industri rumahan mengolah hasil kopi di Jalan Raya Batusangkar-Bukittinggi KM, 16 Tabek Patah, Kec. Salimpaung, Tanah Datar.

Kopi Kawa sebutannya, merasakan kopi ini dituang dalam secangkir tempurung atau batok kelapa yang menyerupai gelas membuat terkesan alami dan jauh dari kesan mewah.

Namun jangan salah, walaupun kondisi hanya minum daun kopi lokasi ini merupakan destinasi wisata kuliner yang sudah menjadi target para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Selain kopi, di sini juga tersedia sejenis pisang yang sudah disale yang disebut pisang sale. Nggak jauh beda seperti yang terkenal di Aceh. Menikmati kopi kawa biasanya dinikmati dengan sepiring gorengan panas yang sangat cocok untuk mengganjal perut saat berwisata.

Namun sedikit jika melihat sejarah kopi kawa ini memang sedih. Dulu zaman Belanda, para tuan tanah pemilik kebun kopi melarang buruh kebun mengambil sedikit pun biji kopinya.

Bayangkan, sedih bukan? sudah merawat hingga panen namun tidak bisa merasakan nikmatnya kopi. Hanya dibolehkan mengambil daunnya saja.

Ya, dengan daunnyalah mereka merasakan kopi kawa tersebut. Dengan merajang, mengeringkan dan merebusnya seperti proses pembuatan teh. Demikian sedikit cerita dari Sumatra Barat, semoga bisa menjadi destinasi wisata saat Tanah Minang. (detikcom)