Jangan Konsumsi 5 Makanan Ini Jika Tak Ingin Tidur Anda Terganggu

SALISMA.COM (SC) – Kualitas tidur yang baik juga ditentukan oleh pola makan. Karena apa yang kita makan akan menentukan tidur nyenyak atau tidak.

Tidur yang tidak berkualitas umumnya menyebabkan banyak problem misalnya bisa memicu kinerja memori otak, produktivitas, maupun suasana hati. Karena itu memiliki waktu tidur yang baik sangat penting bagi tubuh.

Dilansir verywell.com, seperti dikutip salisma.com dari Bisnis lifestyle, ada lima jenis makanan yang biasanyan akan mempengaruhi kualitas tidur. Untuk itu, kita perlu menhindari makanan tersebut agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

Kafein
Kafein sudah sejak lama dikenal sebagai penghilang kantuk. Jika ingin tidur lebih nyenyak, maka hindarilah makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh, kopi, dan cokelat. Kafein mengandung adenosin yang dapat menghambat rasa kantuk setidaknya 6 jam setelah dikonsumsi. Sebaiknya kurangi konsumsi kafein setelah makan siang.

Daging merah
Makan daging merah pada malam hari sebelum tidur akan membuat Anda lebih susah tidur. Hal ini terjadi karena daging merah lebih lama dicerna dan membuat perut kurang nyaman untuk tidur. Lebih baik konsumsi makanan seperti yogurt, susu, atau sayur hijau untuk tidur lebih nyenyak.

Alkohol
Anda mungkin sangat lelah sehingga membutuhkan minuman alkohol untuk merilekskan diri, tetapi meminumnya sebelum tidur akan bikin tidur tidak berkualitas di malam hari. Efek stimulan pada alkohol memang bisa bikin tidur lebih cepat, tapi tidak nyenyak.

Makanan pedas
Orang yang sering sulit tidur sebaiknya menghindari makanan pedas. Capcaisin dalam cabai bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga membuat tidak nyaman untuk tidur.

Gula
Makanan yang mengandung gula bisa meningkatkan kadar gula darah sehingga tubuh kita terasa berenergi. Hal ini bisa menghambat dan menunda waktu tidur Anda. (**)