JPO Rusak Parah, Masyarakat Keluhkan Perbaikan

SALISMA.COM (SC) – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di kota Pekanbaru saat ini terpantayu banyak kerusakan yang cukup parah. Salah satu JPO yang kondisinya sangat memprihatinkan adalah JPO yang berada dikawasan Plaza Sukaramai (Ramayana) Sudirman kota Pekanbaru yang tampak berkarat, keropos bahkan berlubang. Dari penelesuran di lokasi pada Rabu (19/12/18), kondisi JPO tersebut, atap-atapnya juga terlihat banyak yang rusak dan beberapa bahkan sudah tidak ada.

Selain itu, beberapa anak tangga sebagai akses jalan terlihat sudah tidak utuh sehingga digantikan dengan sambungan kayu-kayu. Saat melintasi jembatan itu, getaran cukup terasa, terlebih saat pejalan kaki lainnya juga melintasi jembatan secara bersamaan. Oleh karena itu, saat melintas pejalan kaki harus sangat berhati-hati. Kondisi ini membuat masyarakat menjadi takut dan enggan untuk menggunakan fasilitas JPO.

“Melintasi ini terasa goyang buat saya trauma karena lihat kondisinya kaya gini, tapi mau tidak mau aku harus lewat sini. perlu diperhatikan lagi oleh pemerintah, baik dari pusat ataupun daerah. Misalnya nanti pasti ada kerugian bagi warga disini kalau jembatan yang kaya gini, jatuh celaka. Perlu perhatian pemerintah lagi ini. Kondisi jembatan saat ini sudah sangat parah dari yang dulu.”. ungkap seorang pejalan kaki, Arinto Zega (50), Rabu (19/12/18).

Sementara itu, seorang pedagang, Nuryanti (48) mengungkapkan karena alasan kebutuhan, mau tidak mau dia terpaksa melewati JPO yang sudah tak layak itu agar tidak jauh memutar jalan. “Sebenarnya ini udah gak layak, kita lewat sini mau gak mau gimana lagi istilahnya kan tapi gak ada respon dari pemerintah. saya ngerasa ngeri, takut was-was, terasa getaran kadang saya sampai pegangan lewat sini. Kita sebagai masyarakat kecil berharap perhatian pemerintah lagi untuk penyeberangan lagi, apalagi anak-anak kecil dan perempuan juga lewat sini karena ini kan hak pejalan kaki,” ungkapnya. (Serley Gucci)

Share