Keluar dari Zona Nyaman, Dosen Matkul Public Speaking UNRI Ini Adakan UAS di Mall

SALISMA.COM (SC) – Public Speaking adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa Ilmu Komunikasi. Sehingga, pada semester ini, semua mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Riau semester 5 mengambil mata kuliah Public Speaking.

Uniknya, satu dari tiga kelas mata kuliah ini, dosen pengampu membuat Ujian Akhir Semester (UAS) di Mall Living World Pekanbaru, Kamis (20/12/2018). Bekerja sama dengan Event Organizer yang juga alumni dari Universitas Riau, UAS Public Speaking menjadi salah satu perlombaan yang diadakan pada acara “2 sides traditional meet modern”, dengan judul ‘lomba MC’ . Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kelas yang berjumlah 55 orang mahasiswa ini.

Menurut Nita Rimayanti, M.Comm, yang merupakan dosen pengampu kelas Public Speaking kelas B ini, mahasiswa yang tampil rata-rata sudah memiliki kemampuan public speaking yang bagus. Dengan kriteria penilaian dilihat dari segi teknik berbicara, penyampaian pesan, kemampuan improvisasi, penampilan menarik, dan juga kemampuan dalam menggunakan mic.

“Yang saya inginkan mahasiswa itu tidak hanya berada di sangkar saja, mereka harus keluar dari zona nyaman. Nah, dengan keluarnya dari zona aman dan nyaman itulah, kita bisa mendapatkan calon-calon public speaking nasional dan bahkan internasional,” jelasnya ketika diwawancarai setelah acara selesai.

Perlombaan sekaligus pengambilan nilai UAS ini juga menjadi tantangan bagi mahasiswa. Hal terbesar yang menjadi tantangan itu adalah lokasinya. Dimana, seperti yang diketahui, Mall merupakan tempat yang banyak didatangi publik.

Rizka Annisa, salah satu mahasiswi yang tampil menjadi MC perlombaan menyampaikan bahwa dengan adanya lomba ini, ia bisa mendapatkan banyak pelajaran dalam public speaking dan tentunya pengalaman sebagai MC di Mall. “Ini kan pertama kalinya aku jadi mc diacara, apalagi langsung di mall. Tapi, mencoba mengontrol diri dan tetap fokus, alhamdulillah lancar aja tadi pas acara” jelasnya. (Khasna’ Lathifah)

Share