Ubah Sampah Jadi Emas di Bank Sampah Pekanbaru

SALISMA.COM (SC) – Kini masyarakat Pekanbaru, terutama kecamatan Tampan bisa menabung sampah di bank sampah The Gade Clean and Gold, berlokasi di Tuah Karya, Pekanbaru. Bank sampah ini dibangun oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru bersama PT. Pegadaian (Persero).

Pembina Bank Sampah Induk Kota Pekanbaru, Yunita mengatakan Bank Sampah ini merupakan bank sampah pertama Kota Pekanbaru yang bekerja sama dengan PT. Pegadaian. Masyarakat bisa menabung samapah yang nantinya tabungan sampah tersebut bisa ditukarkan menjadi emas.

“Baru satu ini Bank Sampah yang bekerja sama dengan Pengadaian untuk skala provinsi Riau, dengan tujuan utamanya mengurangi sampah dari sumbernya yaitu rumah tangga, makanya sifatnya bukan cash and carry namun kita buka sistem tabung dengan penawaran dari sampah jadi emas” ungkapnya saat ditemui di lokasi, Senin (17/12/2018).

Bank Sampah yang diresmikan 26 November 2018 lalu ini, mengajak masyarakat untuk menabung sampah rumah tangga mereka. Nantinya masyarakat akan diberikan buku tabungan perorang dari Pegadaian, yang saat ini masih berupa buku tabungan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru.

Di Bank Sampah ini, masyarakat bisa menabung aneka sampah rumah tangga seperti plastik kemasan, karton, kertas, gelas mineral, botol plastik, botol kaca, papan telur, karung, besi bekas, aluminium hingga Rice Coocker dan Air Coditioner (AC) yang rusak. Dengan kisaran harga Rp 1000,- hingga Rp 120.000,- per kilogram.

Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan selanjutnya dibawa ke Bank Sampah Induk Pekanbaru yang berada di Jl. Embun Pagi No.44 Tangkerang Labui Kecamatan Bukit Raya.

Nantinya, sampah akan didaur ulang dan dijadikan kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi dan keuntungan untuk pengelolaan Bank Sampah itu sendiri.

Yunita berharap agar kedepannnya Bank Sampah lebih maju lagi dan terus melakukan sosialisasi ke masyarakat. Agar masyarakat dapat mengurangi limbah rumah tangga dan mampu memilah sampah-sampah yang dapat didaur ulang. (wss)