Mulai Menabung dan Berinvestasi Sejak Muda, Ini Manfaatnya

SALISMA.COM (SC) – Ketika masih kecil, mungkin kita semangat menabung hanya untuk membeli barang yang diinginkan. Namun saat beranjak dewasa, fungsi menabung bisa lebih dari itu karena didorong oleh kebutuhan yang semakin beragam.

Tak hanya menabung, kita juga harus mulai memikirkan investasi di usia muda. Berikut ini alasan pentingnya.

  • Menyiapkan masa depan lebih baik
    Merencanakan keuangan dengan baik adalah salah satu bentuk menyiapkan masa depan yang lebih baik. Semakin awal kita mulai menabung untuk investasi, maka kita bisa mengantisipasi kebutuhan dana untuk kehidupan. Jika berinvestasi dengan tepat, bukan tidak mungkin hasil investasinya bisa membuat kita hidup nyaman di usia muda tanpa perlu bekerja membanting tulang.
  • Punya cadangan uang
    Salah satu fungsi utama tabungan agar kita punya cadangan uang. Tabungan yang cukup akan sangat membantu memenuhi kebutuhan yang tidak terduga, pengeluaran tambahan untuk dana pendidikan, ataupun kesehatan. Lebih baik lagi jika selain tabungan berupa uang kita juga memiliki barang berharga yang bisa diuangkan sewaktu-waktu, seperti logam mulia. Dana cadangan seperti itu sangat penting karena kita tidak dapat memprediksi kebutuhan masa depan yang semakin fluktuatif.
  • Kemandirian finansial
    Jika sudah terbiasa menabung dan melakukan investasi yang tepat, di usia produktif ini kita tidak akan khawatir lagi masalah keuangan dan bisa mengurangi ketergantungan sokongan dana dari orang tua. Untuk itu, kita bisa mulai berinvestasi, seperti membeli barang yang nilainya terus bertambah, ikut bursa saham atau reksa dana, bergabung dengan memberikan modal usaha, atau bentuk investasi lain.

Jika memiliki uang di tabungan dalam jumlah yang cukup banyak, paling tidak simpan uang dalam bentuk deposit agar tidak mudah diambil dan menghasilkan keuntungan yang kelak bisa dimanfaatkan untuk masa depan. (Tempo)