Harga TBS Sawit di Riau Kembali Turun

PEKANBARU – Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit di Provinsi Riau kembali mengalami penurunan. Penetapan harga periode 1-7 Mei 2019, jumlah penurunan terbesar dialami kelompok umur 10 hingga 20 tahun sebesar Rp32,82 per kilogram atau mencapai 2,21% dari harga minggu lalu.

Menurut Kepala Dinas Tanaman, Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHBun) Provinsi Riau, Ferry, HC, harga TBS periode saat ini di Riau hanya Rp1.455,54 per kilogramnya.

Menurutnya, penurunan harga TBS disebabkan turunnya harga jual CPO dan kernel dari seluruh perusahaan. Untuk harga jual CPO, PTPN V mengalami penurunan sebesar Rp255,00 per kilogram.

Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga sebesar Rp44,55 per kilogram, Asian Agri Group mengalami penurunan harga sebesar Rp169,33 per kilogram, dan PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp145,13 per kilogram dari harga minggu lalu.

Sedangkan untuk harga jual kernel, Asian Agri Group mengalami penurunan sebesar Rp121,00 per kilogram dan PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan sebesar Rp50,00 per kilogram dari harga minggu lalu.

“Tekanan terhadap pergerakan harga CPO juga diakibatkan oleh faktor fundamental yaitu pasokan dan permintaan di pasar yang timpang,” kata Fery.

Penjualan CPO ke Uni Eropa yang stagnan, tidak ada pertumbuhan permintaan, juga menjadi penyebab, selain kampanye negatif atas sawit yang sudah merebak di Eropa sejak tahun lalu.**/bpc

Share