oleh

Sudah Ada Bayi dan Balita Yang Diungsikan ke Kantor Wako

-Metro-7 views

SALISMA.COM, PEKANBARU – Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT menetapkan Kantor Walikota sebagai tempat evakuasi untuk bayi dengan umur 6 bulan kebawah. Instruksi tersebut dilakukan Firdaus mengingat kabut asap pekat masih terjadi di Pekanbaru.

Pasca intruksi tersebut, kini, sudah ada  dua orang bayi dan satu balita telah diungsikan ke kantor Walikota Pekanbaru. Ruang penitipan bayi ini sendiri berada di ruang tunggu VIP Aula Rapat di Kantor Walikota. Selain itu sebelum pintu masuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pekanbaru di siagakan.

Dewi, seorang warga yang menitipkan anaknya menuturkan dirinya mendapat informasi dari pihak kelurahan. Bagi ibu yang memiliki bayi bisa mengungsikan anaknya ke Kantor Walikota. “Dapat info dari lurah. Ke sini diantar pakai mobil, karena gak tega kabut asap masih pekat,” katanya, Rabu (30/09/2015).

Dewi yang memang sengaja mengungsikan bayinya sebab dirinya khawatir kalau di rumah tetap tidak bisa terhindar dari asap. “Baguslah, khawatir sama kesehatan anak kitakan,” katanya.

Di ruangan tersebut tersedia delapan keranjang bayi. Elfina, seorang dokter yang disiagakan Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru menyatakan selain obat-obatan juga disiapkan oksigen dan fasilitas lainnya. “Kita buka 24 jam, siap melayani ibu-ibu yang mengungsikan bayi,” katanya.

Selain itu tiga ruang yakni VIP, aula dan ruang makan telah dikemas untuk menjadi penampungan bayi sementara. Didalamnya tersedia AC dan dijaga petugas medis. (riki)