8 Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

SALISMA.COM – Manfaat buah zaitun tidak diragukan lagi bagi kesehatan. Buah yang namanya tercantum di dalam Al-Quran ini merupakan buah yang penuh dengan manfaat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Buah ini banyak digunakan saat sudah diolah terutama menjadi minyak zaitun. Minyak zaitun ini biasanya dipakai untuk perawatan kecantikan, perawatan rambut, minyak untuk memasak, dan lain sebagainya.

Manfaat buah zaitun bisa juga didapatkan dengan dikonsumsi secara langsung, tanpa diolah menjadi minyak zaitun terlebih dahulu. Dengan berbagai kandungan nutrisi di dalam buahnya, maka tidak heran banyak sekali manfaat buah zaitun untuk menjaga kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (14/5/2019) ragam manfaat buah zaitun untuk kesehatan.

Mencegah Kanker dan Penuaan Dini
1. Mencegah berbagai jenis kanker

Manfaat buah zaitun yang pertama adalah bisa mencegah kanker. Dengan kandungan zat anti oksidan dan karotenoid yang disebut lutein, membuat buah zaitun dapat menghancurkan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Dengan konsumsi buah zaitun, siklus hidup sel kanker dapat terganggu. Karena itulah buah zaitun bisa mencegah berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, dan kanker usus besar.

2. Mencegah penuaan dini

Masih dengan sifat anti oksidan, manfaat buah zaitun selanjutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Jadi anti oksidan yang terkandung dalam buah zaitun tidak hanya bisa mencegah kanker, namun juga bisa mencegah penuaan dini yang terjadi pada kulit.

Menjaga Kesehatan Jantung dan Pencernaan
3. Mencegah penyakit jantung

Sedangkan untuk menjaga kesehatan jantung, buah zaitun dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Selain itu, mengonsumsi buah zaitun juga bisa membantu mengurangi tekanan darah. Dengan kedua manfaat tersebut, buah zaitun berperan besar dalam mencegah faktor risiko penyakit jantung, yaitu kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Buah zaitun juga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya pembekuan darah yang menghalangi aliran darah dengan kandungan anti oksidan yang dapat menipiskan darah.

4. Menyehatkan pencernaan

Manfaat buah zaitun selanjutnya adalah menyehatkan pencernaan. Hal ini karena buah zaitun memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun dan gas yang menjadi penyebab terjadinya masalah pencernaan.

Mencegah Infeksi dan Menjaga Kesehatan Tulang
5. Mencegah Infeksi

Manfaat buah zaitun sleanjutnya adalah bisa mencegah infeksi. Hal ini dikarenakan kandungan buah zaitun yang sangat kaya akan anti oksidan seperti hyroxytyrosol, tyrosol, quercetin, asam oleonalik, dan oleuropein. Dengan kandungan kandungan tersebut, buah zaitun dapat mengurangi risiko kerusakan oksidatif dan membantu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

6. Memperbaiki kesehatan tulang

Telah diketahui sebelumnya bahwa buah zaitun dan minyak zaitun dapat membantu mencegah tulang keropos pada hewan percobaan. Dengan mengonsumsi buah zaitun, maka kamu bisa menghindari osteoporosis yang bahkan bisa berlanjut dengan risiko terjadinya patah tulang. Hal ini telah diperhatikan kepada orang orang Mediterania yang rajin memakan buah zaitun, membuat terjadinya osteoporosis lebih jarang di daerah ini dibandingkan dengan daerah lainnya.

Mencegah Asma dan Mengobati Anemia
7. Mencegah asma

Kandungan nutrisi dari buah zaitun sudah barang tentu merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kamu. Vitamin C yang terkandung di dalam buah zaitun mampu membantu kamu untuk terhindar dari asma. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah zaitun secara rutin setiap harinya.

8. Membantu mengobati anemia

mengonsumsi buah zaitun dapat meningkatkan produksi sel darah merah di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena tingginya jumlah zat besi yang ada dalam buah zaitun. Buah zaitun juga dapat mengikat oksigen di dalam darah, sehingga membuat kamu menjadi lebih sehat.(sc/liputan6)

 

Share