Jadi Ikon Perusahaan Kosmetik Korea, Bunga Camellia Punya Banyak Manfaat Sehat

SALISMA.COM – Perusahaan kosmetik kelas dunia asal Korea Selatan, Amorepacific, menggunakan bunga Camellia sebagai ikon. Ini karena bunga cantik berwarna merah itu adalah bahan utama produk awal yang diproduksi oleh sang founder dan ibunya.

Akar bisnis Suh Sungwhan bermula dari dapur sang ibu, Yun Dokjeong, pada 1932. Ibu Yun meracik minyak rambut dari bahan biji dan bunga Camellia. Siapa sangka, produk tersebut ternyata laris manis karena terbukti lebih berkualitas dibandingkan produk serupa pada masa itu.

Meski pernah terkena dampak Perang Dunia ke-2, Suh Sungwhan berhasil membangun kembali usahanya bahkan berkali lipat lebih besar. Dengan semangat menyebarkan kecantikan Asia pada dunia, kini Amorepacific menjadi salah satu perusahaan kosmetik terdepan dengan brand-brand yang mendunia seperti Sulwhasoo, Laneige, Innisfree, dan Mamonde.

Bicara tentang bunga Camellia, apa saja manfaat dan khasiat bunga berwarna merah ini?

Manfaat biji dan bunga Camellia
Minyak yang dihasilkan dari biji bunga Camellia memiliki banyak manfaat, diantaranya menyeimbangkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah, memperbaiki kesehatan rambut, mempercepat penyembuhan luka, serta mengurangi peradangan.

Mengutip berbagai sumber, kandungan asam oleat minyak Camellia cukup tinggi, begitu juga dengan kandungan asam linoleat, asam stearat, vitamin E, kalsium, potassium, saponin, dan nutrisi lainnya. Minyak yang juga kerap disebut tea seed oil ini umum dianggap sebagai sumber phytonutrient yang baik. Bahkan masyarakat di Desa Camellia di Pulau Jeju dahulu menggunakannya sebagai obat batuk.

Berikut manfaat sehat minyak Camellia:

1. Melembapkan dan mencerahkan kulit

Minyak Camellia banyak digunakan sebagai bahan produk kecantikan dan perawatan kulit. Kandungan asam oleat dalam minyak Camellia bermanfaat melembapkan dan cepat terserap kulit.

Mengutip laman naturalfoodseries, minyak Camellia membantu kulit terasa lebih lembut, halus, dan menyamarkan keriput serta garis penuaan, serta mempercepat penyembuhan luka.

2. Menurunkan kadar kolesterol

Minyak Camellia juga berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dan memiliki zat antiradang sehingga baik untuk kesehatan jantung. Zat antiradang dalam minyak Camellia membantu mencegah kondisi atherosklerosis serta penyakit jantung lainnya.

Menyehatkan rambut
3. Menyehatkan rambut

Penggunaan minyak Camellia secara rutin akan membantu menutrisi folikel rambut serta memperbaiki rambut kering. Bahkan minyak Camellia juga bisa membuat rambut jadi lebih tebal. Tak hanya itu, minyak Camellia pun membantu mengenyahkan ketombe, seperti dikutip dari naturalfoodseries.

Seperti disinggung pada awal artikel, minyak rambut berbahan biji bunga Camellia yang diproduksi oleh founder Amorepacific bersama ibunya pada 1932 menjadi produk berkualitas yang sangat diminati pada masanya.

4. Meredakan nyeri sendi

Asam oleat dan linoleat dalam minyak Camellia membantu meredakan nyeri sendi.

5. Mencegah kanker

Mengutip laman organicfacts, minyak Camellia mengandung senyawa squalene yang dilaporkan memiliki antioksidan serta zat kemoprefentif. Bila digabungkan dengan obat-obatan antitumor, squalene menunjukkan bukti mampu menurunkan sel-sel kanker. Menurut studi pada 2017, kandungan squalene pada bunga Camellia adalah 7,62 persen.(sc/liputan.com)

Share