APBD Kepri 2020 Segera Dibagikan

TANJUNGPINANG-Ini kabar gembira buat Kepri. Biro Administrasi Pembangunan (BAP) Pemprov Kepri menjadwalkan pekan depan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto akan menyerahkan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Kepri Tahun Anggaran (TA) 2020 sebesar Rp3,9 triliun ke masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri. Menurut Aries, diserahkannya DPA tersebut setelah rampungnya proses perbaikan APBD Kepri antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Kepri dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kepri.

“Tujuan dipercepatnya pembagian DPA adalah bisa memperlaju pelaksanaan pembangunan daerah. Tahapan ini juga merujuk pada evaluasi pelakansaan kegiatan TA 2019,” ujar Kepala BAP Pemprov Kepri, Aries Fhariandi, kemarin di Tanjungpinang. Ditegaskannya, dengan dipercepatnya pembagian DPA, masing-masing OPD yang memegang proyek strategis dapat mempercepat penayangan dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (Sirup). Sehingga bisa mempercepat pelaksanaan lelang di Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemprov Kepri. Selain itu, OPD juga bisa bergerak cepat untuk menyusun Pejabat Pembuat Komitmen dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

“Yang menjadi atensi tentu proses lelang proyek strategis. Karena Plt Gubernur menekankan, pelaksanaan lelang proyek strategis lewat APBD Kepri TA 2020 nanti tidak ada yang terlambat,” jelas Aries Fhariandi.

Belum lama ini, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Isdianto menilai gagal lelangnya sejumlah proyek strategis milik Pemprov Kepri lewat APBD Kepri Tahun Anggaran (TA) 2019 ini disebabkan oleh faktor teknis, bukan tidak adanya anggaran. Karena pada tahun bersamaan, selain harus melakukan penyusunan Detail Engineering Design (DED) juga disejalankan dengan pembangunan.

“Kita sudah melakukan evaluasi dari gagal lelangnya sejumlah kegiatan strategis. Ada dua faktor, pertama mepetnya waktu lelang, kedua pembuatan DED dan kegiatan fisiknya pada tahun yang sama. Sehingga masih ada yang meleset,” ujar Isdianto. Masih kata Isdianto, berdasarkan hasil evaluasi yang sudah dilakukan, pihaknya akan mempercepat pembagian Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD Kepri TA 2020 kepada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri. Selain itu, ia juga meminta kepada masing-masing OPD yang memegang kegiatan strategis harus mempercepat pengajuan lelang ke Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UPKBJ) Provinsi Kepri.

“Semakin cepat tentu semakin baik, sehingga kontraktor juga tidak diburu waktu. Selain itu juga bisa menjaga kualitas dari pembangunan yang dihasilkan oleh masing-masing kontraktor,” tegas Isdiato.

Editor Roy

Share