Lettu Erizal Sidabutar Gugur, Jenazah Diterbangkan Ke Kampung Halaman

DELISERDANG-Isak tangis mewarnai kedatangan jenazah Kapten (Anm) Erizal Zuhri Sidabutar, saat tiba di Bandara Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, sekitar pukul 23.30 WIB, Kamis (19/12/2019). Jenazah Erizal Sidabutar diterima langsung oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sorimin.

Berdasarkan video yang beredar, tampak seorang wanita di barisan depan menangis tersedu-sedu ketika melihat jenazah Erizal Sidabutar dibawa. Selanjutnya jenazah Erizal Sidabutar itu diserahkan kepada keluarga yang turut menunggu di Bandara Kualanamu. Setelah memberikan penghormatan penyerahan, lalu jenazah dimasukkan ke dalam ambulas milik TNI AD.

Suasana duka menyelimuti di Bandara Kualanamu saat menunggu jenazah Kapten (Anm) Erizal Zuhri Sidabutar hingga pemberangkatannya ke Sidikalang, Dairi. Sosok Erizal Sidabutar gugur saat menjalankan tugas di Papua. Ia bersama rekannya, Serda Rizky Ramadhan, diserang KKB Papua saat bagikan paket Natal kepada anak-anak di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua. Erizal Sidabutar dan Serda Rizky Ramadhan terkena tembakan dalam peristiwa baku tembak antara aparat TNI dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Lettu Erizal Sidabutar berasal dari Dairi, Sumatera Utara. Perwira TNI Angkatan Darat itu bertugas di Satuan Penanggulangan Teror (Sat Gultor) 81 Kopassus. Sementara Serda Rizky Ramadhan berasal dari Jakarta. Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw mengatakan, baku tembak antara aparat keamanan dengan KKB terjadi di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Paulus Waterpauw menyebut, KKB yang terlibat kontak senjata merupakan kelompok pimpinan Lekagak Telenggen yang sebelumnya bermarkas di Lanny Jaya. Erizal Sidabutar merupakan putra kedua dari anggota Polres Dairi, Aiptu Rukur Sidabutar. Aiptu Rukur Sidabutar, menceritakan momen terakhir berkomunikasi dengan Erizal itu tanggal 14 Desember 2019 silam. “Kalau jumpa, bulan April kemarin terakhir. Waktu itu saya kebetulan lagi jemput tersangka ke Jakarta Timur. Di situlah terakhir jumpa. Kalau berkomunikasi lewat telepon, tanggal 14 (Desember 2019) itu,” ujar Aiptu Rukur Sidabutar.

Editor Roy

Share