oleh

Pemerintah Harus Tegas Terhadap Pengecer Gas Elpiji

-Metro-5 views

SALISMA.COM, PEKANBARU – Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pekanbaru mas Irba H Sulaiman mengatakan salah satu penyebab over konsumsi gas elpiji dikarenakan banyaknya pengecer dari pada agen dan pangkalan.

Mengenai hal tersebut External Relation PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I, Brasto Galih Nugroho mengatakan, seharusnya pemerintah bisa mengendalikan pengecer yang ada di Pekanbaru.

“Kita inikan penyalur saja, kalau banyak pengecer, pemerintah harus mengambil langkah tegas seharusnya,” ujar akhir pekan kemarin.

Pertamina menegaskan, pengecer yang berada di tengah masyarakat adalah ilegal. Karena, Pertamina sendiri hanya mengakui pangkalan dan agen yang resmi.

“Kita hanya mendistribusikan ke pangkalan dan agen saja. sekarang ini kembali kepada pemerintah. Karena mereka yang harus mengawasinya. Tidak adanya tindakan tegas dari pemerintah membuat menyebabkan menjamurnya pengecer,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Pekanbaru, Mas Irba mengatakan over konsumsi gas dikarenakan banyaknya pengecer.

“Jadi jumlah pengecer yang banyak dan adanya peralihan masyarakat menengah menggunakan gas yang disubsidi pemerintah,” ujarnya.

Saat ini Disperindag Pekanbaru sudah usulkan agar masyarakat kurang mampu dibekali kartu. Sebagai bukti warga kurang mampu, dan layak membeli gas 3 kg. “Karena kita melihat ada peralihan, makanya harus diperketat,” katanya.

Mengenai Operasi Pasar (OP), Irba menyebutkan hal itu tidak bisa dilakukan terus menerus. “Itu tidak jadi solusi. Sekarang kita ketatkan pengawasan, tetapi tahu sendiri jumlah personil kita kurang, dam anggaran tidak ada. Tapi tetap kita usahakan,” sebut Irba. (iqbal)