oleh

Empat Pesan Mabida dalam Rakerda Gerakan Pramuka Riau 2020, Simak Scout!


 

SALISMA.COM – Dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Riau dihadiri langsung Ketua Harian Mabida Riau H. Masrul Kasmy, Ketua Kwarda Riau H.M.Azaly Djohan, Sekretaris Mabida Riau Indrawansyah, Ketua Harian Kwarda Riau H.OK.Nizami Jamil.

Serta Ketua Kwartir Cabang se-Daerah Riau dan undangan lainnya pada Selasa, 1 Desember lalu di Balai Serindit Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Rapat Kerja Gerakan Pramuka Daerah Riau dibuka Gubernur Riau selaku Ketua Mabida Gerakan Pramuka Riau diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau, Jenry Salmon Ginting, AP.,M.Si.

Suasana Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Riau tahun 2020

Kata dia, Rapat Kerja merupakan forum bagi Kakak-kakak dan adik-adik dalam merencanakan, merumuskan serta memberikan masukan terhadap program kerja dan kegiatan Kepramukaan di Kwartir maupun satuan Pramuka lainnya.

Lalu, apa saja pesan Mabida, yang disampaikan Kak Selmon Ginting? Simak pesan nya baik-baik:

Pertama: Kakak-kakak dan adik-adik dapat menyelaraskan rencana kerja Gerakan Pramuka dengan visi dan misi pemerintah Provinsi Riau.

Kedua: Rakerda dapat menghasilkan Program kerja yang sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka, membentuk setiap Pramuka memiliki kepribadian beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai- nilai luhur bangsa.

Penutupan Rakerda Riau oleh Ketua Kwarda Riau pada Rabu, 2/12/2020 di Hotel Angkasa Garden Pekanbaru

Kemudian berkecakapan hidup, sehat jasmani; menjadi menjadi warga Negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada NKRI, serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna.

Yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan Negara, serta memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.

Ketiga: Upaya yang telah dilakukan Kwarda Riau dan Kwartir Cabang serta satuan Pramuka lainnya di daerah Riau dalam melaksanakan kegiatan Kepramukaan di tengah pandemi covid-19 telah berjalan, (pembutan alat cuci tangan di tempat umum, pembagian masker, pembagian sembako bagi anggota Pramuka dan Pembina Pramuka).

Begitu juga dengan latihan-latihan Pramuka, walaupun dengan keterbatasan, namun tetap dilaksanakan di beberapa tempat.

Keempat: Kakak-kakak dan adik-adik dapat menghasilkan program-program kegiatan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi akibat pandemi covid-19. Sehingga Gerakan Pramuka sebagai lembaga pendidikan nonformal di luar lingkungan sekolah dan keluarga dapat terus berjalan optimal.

Perkuat publikasi ke masyarakat, Kwarda Riau laksanakan penandatanganan kerjasama dengan media cetak dan online pada pembukaan Rapat Kerja Daerah Gerakan Pramuka Riau tahun 2020

Bersamaan dengan acara itu, untuk meningkatkan publikasi kegiatan Kwarda Riau di tengah-tengah masyarakat, diilaksanakan penandatanganan kerjasama oleh Kwarda Riau dengan media cetak dan media online.

Hadir Wakil Direktur Utama Riau Pos Ahmad Dardiri, Pemimpin Redaksi Cakrawalatoday.com Abbas Abdurrahman, Pemimpin Redaksi Salisma.com Joni Paslah dan perwakilan media online Cakaplah.com.***(diolah dari rilis Humas Kwarda Riau).