oleh

BMKG: Ada Peningkatan Aktivitas Seismik di Samudera Hindia

PEKANBARU, SALISMA.COM (SC) – Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono menyebutkan ada peningkatan aktivitas seismik di Samudera Hindia.

Peningkatan aktivitas seismik ini, kata Daryoni, terjadi di bagian Bengkulu Lampung. Daryono juga mengatakan peningkatan aktivitas seismik ini terjadi sejak Desember 2020 lalu.

“Peningkatan aktivitas seismik di Samudra Hindia selatan Bengkulu – Lampung sudah dimulai sejak Desember 2020, hal ini patut menjadi perhatian untuk kita semua,” tulis Daryono di akun twitternya, @DaryonoBMKG, Sabtu 13 Februari 2021.

Sebelumnya, siang ini terjadi dua gempa kuat di pesisir barat Lampung. Gempa yang terakhir berskala 5,5 magnitudo, dan terjadi pada pukul 11.30 WIB.

Titik pusat gempa ini berada di koordinat 6.34 Lintang Selatan (LS) dan 103.57 Bujur Timur (BT). Lokasi ini berada 134 kilometer arah baratdaya pesisir barat Lampung.

Gempa ini berada di lautan dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan bumi. BMKG mencatat gempa ini tak berpotensi tsunami. (mil/bpc)