oleh

BMKG Catat Gempa Lemah di Danau Toba Dinihari

-News, Tekno-124 views

JAKARTA, SALISMA.COM (SC) –  Gempa lemah dilaporkan menggoyang Pulau Samosir di tengah Danau Toba, Sumatera Utara, Senin dinihari 15 Maret 2021. Gempa berkekuatan 3,9 Magnitudo itu dicatat Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG pada pukul 00.20.24 WIB.

Dikutip dari Tempo.co, Menurut BMKG, seperti dipaparkan dalam situs web resminya, gempa berpusat di darat, 15 kilometer arah tenggara Samosir.

Kedalamannya hanya 5 kilometer. Beruntung gempa hanya dirasakan lemah, yakni pada skala II MMI atau setara gempa yang hanya dirasakan oleh sebagian orang di dalam rumah.

Berdasarkan catatan Tempo.co, ini bukan kali pertama gempa terjadi dari bawah danau kaldera terbesar di dunia itu. Gempa sebelumnya, 5,1 M, terjadi antara lain pada 9 Juli 2018. Saat itu BMKG mendeteksinya sekalipun guncangannya juga tidak dirasakan masyarakat di permukaan.

Bedanya, sumber gempa tiga tahun lalu berkedalaman 156 kilometer. Adapun episentrum berlokasi di Danau Toba pada jarak 12 kilometer arah utara Kota Balige, Kabupaten Toba Samosir.

Dengan memperhatikan lokasi sumber dan kedalaman gempa, saat itu BMKG menganalisis penyebabnya adalah aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia. (mil)