oleh

Panduan Mengisi eHac atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan untuk Syarat Bepergian

-Lifestyle-219 views

SALISMA.COM (SC) – eHAC atau Kartu Kewaspadaan Kesehatan wajib diisi calon penumpang sebelum bepergian. eHAC nantinya akan ditunjukkan pada petugas verifikasi sesuai moda transportasi yang digunakan saat tiba di tujuan.

Dilansir dari Merdeka.com, Para calon penumpang dapat mengunduh eHAC melalui Google Play Store atau Apple Store dengan nama eHAC Indonesia. Atau bisa juga dengan mengunjungi situs web milik Kementerian Kesehatan RI, inahac.kemkes.go.id.

Bagaimana panduan dalam pengisian lewat aplikasi eHAC? Berikut ini urutan langkahnya.

  1. Calon penumpang dapat mengunduh terlebih dahulu aplikasi eHAC dan beberapa pengaturan aplikasi, seperti pemilihan bahasa, registrasi, dan lokasi perangkat.
  2. Pilih opsi e-HAC Domestik Indonesia untuk membuat kartu eHAC perjalanan domestik.
  3. Para calon penumpang dapat mengisi data diri di formulir registrasi. Data diri di eHAC meliputi nama depan, nama belakang, umur, jenis kelamin, warga negara, nomor identitas, provinsi tujuan, kabupaten atau kota tujuan, kecamatan tujuan, alamat, nomor ponsel, tanggal kedatangan, nama kendaraan, dan nomor kursi. Jika semua data telah terisi, Anda dapat klik tombol lanjut di bagian paling bawah.
  4. Anda dapat mengisi formulir registrasi terkait lokasi asal dan dapat klik lanjut jika sudah selesai.
  5. Mengisi formulir terkait gangguan kesehatan yang dialami dengan menandai gejala dan kosongi jika tidak ada gejala yang dirasa, lalu submit.
  6. Calon penumpang akan kembali ke halaman HAC dan tampil eHAC yang telah dibuat.
  7. Guna menampilkan barcode, Anda dapat membuka menu pilihan dan pilih “Lihat HAC” untuk ditunjukkan pada petugas di lokasi fasilitas transportasi. Pastikan untuk menampilkan hasil HAC yang telah dibuat dengan barcode untuk diverifikasi petugas. (mil)