oleh

Tips Menyimpan Masker saat Makan

-Lifestyle-117 views

JAKARTA, SALISMA.COM (SC) – Pakai masker sudah menjadi kewajiban di tengah pandemi Covid-19 untuk mengurangi risiko penularan virus corona. Namun, kita kerap abai dalam hal melepas dan menyimpannya pada suatu kondisi, terutama ketika makan dan minum.

Mungkin ada orang kerap meletakkan sembarang masker ketika hendak makan dan minum. Namun, secara tidak sadar masker tersebut bisa terkontaminasi atau justru menjadi media pembawa virus corona maupun bakteri lain. Lantas bagaimana cara yang benar?

Dokter umum kandidat Ph.D bidang Sains Kedokteran di Universitas Kobe, Adam Prabata, mengatakan sebelum menyimpan masker kain saat mau makan atau minum, perlu diperhatikan terlebih dulu apakah masker yang sedang digunakan tersebut dalam kondisi basah atau kotor.

“Cara menyimpan masker kain akan berbeda, bergantung pada bagaimana kondisi masker yang sedang digunakan,” kata Adam seperti dilansir dari Tempo.co.

Dia menjelaskan masker yang basah dan kotor bisa menyebabkan kesulitan bernapas dan penurunan efektivitas masker. Untuk itu, disarankan untuk tidak menggunakannya kembali. Kemudian, simpan masker yang sudah basah atau kotor di kantong plastik tertutup.

“Segera cuci dengan air deterjen setelah sampai di rumah untuk menghindari munculnya jamur di masker kain,” jelasnya.

Bagaimana dengan kain yang tidak basah maupun kotor? Adam menuturkan masker bisa disimpan sementara di kantung yang kering dan bisa bernapas, seperti kantung kertas dan kantung atau tas bahan kain jala.

“Bila tidak ada kantung tersebut, masker juga bisa disimpan sementara di kantung baju, celana, atau dompet,” sarannya.

Namun, belakangan ini banyak orang yang menggunakan strap atau kalung untuk menggantung sementara masker yang dipakai.

Mengenai hal ini, Adam menyebut ada risiko droplet menempel di area dalam masker saat digantung dan risiko masker menempel ke pakaian sehingga terjadi kontaminasi silang.

Di sisi lain, Adam menjelaskan cara yang benar melepas masker yakni pertama dengan memegang talinya, renggangkan, dan lepas. Kedua, pastikan hanya memegang tali dan hindari menyentuh area masker lainnya.

“Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut saat sedang membuka masker,” tambahnya. (mil)