oleh

Segera Hadir, Ponsel Berkamera Selfie 100 Megapiksel

-Tekno-123 views

SALISMA.COM (SC) – Sejauh ini, resolusi kamera depan paling tinggi yang dimiliki smartphone adalah 44 megapiksel. Namun, kabar terbaru menyebut bahwa ponsel dengan kamera depan 100 megapiksel segera hadir dalam waktu dekat.

Kabar tersebut berasal dari pembocor kenamaan, Digital Chat Station. Melalui akun weibo miliknya, ia memang kerap memberikan bocoran informasi terkait gadget dan tidak sedikit dari bocoran tersebut yang tepat.

Dikutip dari Kompas.com, Tidak banyak informasi yang diberikan oleh pembocor tersebut. Ia juga tidak mengungkapkan secara rinci siapa produsen yang akan membuat ponsel dengan kamera selfie 100 megapiksel itu. Namun, kemungkinan besar ponsel yang dimaksud akan dibuat oleh pabrikan asal China.

Jika bocoran tersebut benar adanya, maka muncul pertanyaan baru yaitu bagaimana sensor 100 MP dibenamkan di dalam ponsel. Seperti diketahui, resolusi kamera yang tinggi juga akan mempengaruhi ukuran fisik ponsel.

Sehingga kemungkinan besar kamera selfie tersebut tidak akan ditaruh dalam sebuah poni (notch) ataupun lubang (punch hole).

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizmochina, Selasa (16/2/2021), ada dua cara yang bisa dilakukan vendor untuk menaruh kamera depan dengan resolusi yang tinggi.

Pertama adalah dengan menggunakan mekanisme pop-up yang dipercaya dapat mengakomodasi besarnya sensor kamera tersebut. Kedua, menggunakan mekanisme flip seperti Asus Zenfone 6 dan Zenfone 7.

Dengan teknologi ini, layar ponsel dapat dimaksimalkan tanpa harus ada notch atau punch-hole, sebab kamera depan dan belakangnya adalah unit yang sama.

Meski demikian, hal ini baru sebatas rumor belaka. Hingga saat ini belum ada vendor smartphone yang mengonfirmasi kabar tersebut.

Ini bukanlah pertama kalinya muncul kabar mengenai kehadiran ponsel dengan kamera depan beresolusi tinggi.

Sebelumnya, ZTE disebut-sebut akan menjadi vendor pertama yang merilis ponsel dengan resolusi kamera depan 200 megapiksel. Axon 30 Pro disebut-sebut sebagai ponsel yang dimaksud.  (mil)