oleh

Gempa Besar di Jepang, Toyota Setop Produksi Sementara

-Otomotif-102 views

TOKYO, SALISMA.COM (SC) – Jepang belum lama ini telah dilanda gempa magnitudo 7,1. Gempa besar yang melanda Jepang 13 Februari 2021 lalu itu merusak banyak jalan dan bangunan.

Dilansir dari Detik.com, Wilayah paling terdampak gempa itu adalah Prefektur Fukushima dan Miyagi. Bahkan, gempa Jepang itu membuat pabrik otomotif berhenti produksi sementara.

Dalam pernyataan resminya, Toyota menyebut menghentikan sementara produksi mobil di sembilan pabrik di Jepang. Tampaknya gempa di Fukushima itu mempengaruhi aktivitas produksi pemasok komponen Toyota.

Total ada 9 pabrik dan 14 line dari 28 line dan 15 pabrik yang terpengaruh dan disetop sementara aktivitas produksinya. Mobil yang diproduksi beragam, mulai dari sedan hingga SUV.

Tak cuma mobil Toyota, mobil merek Lexus juga terdampak penghentian sementara produksi mobil karena gempa. Aktivitas produksi mobil Toyota di Jepang disetop sejak 17 Februari sampai setidaknya 20 Februari 2021.

Adapun pabrik dan produksi mobil Toyota yang terpengaruh gempa ini antara lain:

  1. Pabrik Takaoka yang memproduksi Toyota Harrier, Prius, dan RAV4
    2. Pabrik Tahara yang memproduksi Land Cruiser Prado, GX, 4Runner, Lecus LS, IS, RC, dan NX
    3. Pabrik Miyata yang memproduksi Lexus NX, UX, CT, ES dan RX
    4. Pabrik Iwate yang memproduksi Toyota C-HR, Aqua
    5. Toyota Auto Body Fujimatsu Plant yang memproduksi LC70
    6. Toyota Auto Body Yoshiwara Plant yang memproduksi LC200/LX, LC70
    7. Gifu Auto Body Co. Ltd. yang memproduksi Coaster
    8. Toyota Industries Corporation: yang memproduksi RAV4
    9. Hino Motors Hamura Plant yang memproduksi Land Cruiser Prado, FJ Cruiser, Dyna.

Toyota tidak mengungkapkan jumlah kendaraan atau jenis suku cadang yang terpengaruh oleh penghentian tersebut. Juga tidak ada kabar apakah penyetopan sementara itu akan mempengaruhi pasokan global.

Diberitakan sebelumnya, gempa Jepang juga ini telah merusak sirkuit Ebisu, area drifting paling ikonik di Jepang.

Ebisu merupakan kompleks drifting yang dibangun khusus di pegunungan Jepang Utara. Dirancang oleh legenda drifting Nobushige Kumakubo, kompleks Ebisu terdiri dari tujuh trek dan dua skid pad.

Longsor yang terjadi di “Sirkuit Ebisu”, yang berlokasi di kota Nihonmatsu, Prefektur Fukushima membuat sirkuit tidak bisa digunakan dalam waktu dekat. Dikutip NHK, salah satu dari tujuh jalur rusak, tertutup material longsor, dan beberapa ruas aspal telah retak. Beruntung tidak ada orang yang terluka dalam peristiwa tersebut. (mil)