oleh

Pemprov Riau Ingin KEK Tenayan Raya Dimanfaatkan untuk Kawasan Industri Halal

-business-83 views

PEKANBARU, SALISMA.COM (SC) – Pemerintah Provinsi Riau menginginkan kawasan ekonomi khusus [KEK] Tenayan Raya, agar bisa dimanfaatkan sebagai pengembangan produk industri halal di Riau.

Gubernur Riau Syamsuar, harapan Pemprov Riau kepada KEK di Tenayan Raya, mengingat kawasan ini dianggap sangat cocok karena kawasan itu terletak di Pekanbaru yang tak lain merupakan Ibu Kota Provinsi Riau.

“Industri halal itu, kami berharap ada di Pekanbaru, karena Pekanbaru kan ada kawasan ekonomi khusus yang di Tenayan Raya. Pak Walikota sudah siapkan kawasan itu sebenarnya,” kata Syamsuar belum lama ini.

Dia menambahkan, KEK Tenayan Raya di Pekanbaru itu sudah dipersiapkan dengan luasan sekitar 50 hektar.

KEK ini sebaiknya dimanfaatkan oleh pelaku industri untuk pengembangan produk-produk halal sesuai dengan apa yang sudah diharapkan oleh pemerintah pusat.

Harapan itu, kata Syamsuar, sudah disampaikan pemerintah pusat melalui Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, saat mengunjungi Riau sekitar dua tahun yang lalu.

Entitas Riau yang kental dengan Melayu dan agamis, harusnya juga tercermin dari hasil produk-produk industri yang mengedepankan kehalalan dan sebenarnya, hal ini sebih dulu diadopsi oleh negara-negata lain.

Sebelumnya, Syamsuar juga sudah duduk bersama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah [MES] Riau beberapa waktu lalu untuk membicarakan hal ini.

“Kami minta dukungan ke mereka, agar industri halal ini benar-benar segera terwujud. Makanya memalui MES itu, kami meminta kepada pelaku usaha untuk mengambil peran. Ada banyak para pengusaha muslim. Kami harap mereka bisa mendorong itu. (mil/bpc)