oleh

Kembali Dibuka, Taman Margasatwa Ragunan Dikunjungi 1.331 Wisatawan

-News-88 views

SALISMA.COM (SC) – Taman margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum setelah tidak beroperasi selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) akibat Covid-19. Hari pertama dibuka, Sabtu (13/3) pukul 17.00 WIB, data pengunjung mencapai 1.331 orang.

“Jumlah pengunjung hari ini sebanyak 1.331 orang, ada yang menggunakan sepeda motor, kendaraan pribadi roda empat, sepeda dan menggunakan transportasi umum,” ucap Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana yang dikutip dari Merdeka.com.

Ketut menyampaikan, jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan akan terus dibatasi setengah dari kapasitas, selama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih menerapkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat.

“Kita batasi 50 persen kapasitas, ya setara lima ribuan pengunjung,” katanya.

Diakuinya, pembatasan kapasitas pengunjung cukup berpengaruh dengan keuangan manajemen.

Namun hal itu tidak mengganggu secara langsung terhadap keberlangsungan pakan para satwa. Sebab, operasional Taman Margasatwa Ragunan didukung juga dengan APBD DKI.

“Sebenarnya tiket Ragunan murah, Rp 4.000 per orang untuk dewasa, dan Rp 3.000 untuk anak. Kalau kita bicara tentang menutup atau tidaknya biasa operasional sebenarnya tidak. Biaya operasional itu seperti pakan untuk satwa itu kan kita dibantu sama APBD. Apalagi situasi pandemi begini, pengunjung yang maksimal 2.000 begitu, yang jelas enggak sampai menutupi,” jelasnya.

Taman Margasatwa Ragunan akan kembali beroperasi pada Selasa-Minggu. Senin, merupakam hari libur operasional. Manajemen membiarkan para satwa menghabiskan waktu tanpa keramaian pengunjung. (mil)