oleh

Sandiaga Sebut Rp 150 Triliun Keluar dari RI Tiap Tahun Dibawa Turis Domestik

-business-49 views

JAKARTA, SALISMA.COM (SC) – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan warga kelas menengah hingga atas hobi plesir ke luar negeri ketimbang di dalam negeri sebelum pandemi Covid-19 berlangsung. Dalam satu tahun, uang sekitar Rp 150 triliun pun keluar dari Indonesia karena dibawa oleh para pelancong asal Tanah Air tersebut.

“Rp 150 triliun per tahun pergi ke luar negeri karena kegemaran kelas menengah ke atas, termasuk keluarga saya, suka berwisata ke luar negeri. Sekarang saya yakinkan lebih banyak berwisata ke Indonesia,” ujar Sandiaga dalam program Live Instagram yang dikutip dari Tempo, Senin, 15 Maret 2021.

Sandiaga menyatakan pemerintah sedang berupaya agar wisatawan domestik memilih berwisata di Tanah Air dan memutarkan uangnya di dalam negeri sendiri. Rencana ini merupakan salah satu cara yang dilakukan Kementerian untuk memulihkan industri pariwisata dari krisis pandemi Covid-19 dalam jangka pendek.

Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak bagi sekitar 34 juta masyarakat yang menggantungkan hidupnya terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Di Bali, dampak krisis akibat pandemi bahkan disebut-sebut lebih parah ketimbang tragedi Bom Bali I dan Bom Bali 2.

Badan Pusat Statistik mencatat, sepanjang 2020, angka kunjungan wisatawan asing (wisman) di Indonesia melorot sekitar 75 persen menjadi hanya 4,02 juta turis. Anjloknya tingkat kunjungan wisman mendorong pertumbuhan ekonomi Bali terkontraksi hingga -9,31 persen secara akumulatif.

Di tengah kondisi tersebut, Sandiaga mengatakan pemerintah ingin menebar semangat dan harapan agar pelaku wisata dan ekonomi kreatif tetap optimistis. “Di saat ini, hope (harapan) itu akan terus kami embuskan,” katanya.

Di sisi lain, Sandiaga mengatakan pemerintah ingin pariwisata di dalam negeri bersifat inklusif pada masa mendatang dengan melibatkan desa wisata. Peran desa wisata akan menggerakkan konsep wisata berkelanjutan dan membuka ribuan peluang usaha bagi masyarakat.

“Ke depan kami ingin Indonesia jadi destinasi pilihan di ASEAN. Pariwisata akan jadi lokomotif pembangunan Indonesia ke depan,” tutur Sandiaga Uno. (mil)