oleh

Riak Dukungan Demokrat Daerah Untuk Moeldoko

-Politik-169 views

SALISMA.COM (SC) – Tidak semua kader Partai Demokrat setia kepada Agus Harimurti Yudhoyono. Riak-riak terjadi di internal setelah isu kudeta mencuat hingga Kongres Luar Biasa (KLB) di Deli Serdang. Sejumlah kader di daerah membelot ke kubu Moeldoko.

Terbaru, kader Demokrat pertama di Nusa Tenggara Timur, Paul Papa Resi membelot ke Moeldoko. Wakil Ketua BPOKK DPD Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur, ini menolak mendukung AHY. Paul, yang kini menjabat Wakil ketua DPC Demokrat Timor Tengah Selatan, tak ikut menyatakan ikrar kesetiaan kepada AHY.

“Ini kan soal pilihan politik sebenarnya, saya memang selalu memilih untuk kontra. Selalu berada pada posisi yang tidak nyaman, untuk melatih diri saya lebih matang dalam menghadapi tantangan, saya juga tidak mau ikut-ikut lah,” katanya seperti yang dikutip dari Merdeka.com, Jumat (18/3).

Sekitar empat hari lalu, Ketua DPD Demokrat Kalimantan Barat Erma Suryani Ranik mengumumkan tujuh kader yang membelot karena mengikuti KLB Deli Serdang. Erma meminta tujuh kader itu dipecat.

Mereka adalah pengurus DPD Demokrat Kalbar, Nico R Toun, Suprianus Pian T, kader Demokrat Kota Pontianak D Danggong, kader Demokrat Sekadau markus, pengurus DPC Kabupaten Kapuas Hulu, Agus Kasmayani, kader Demokrat Kayong Utara Iskandar, dan kader Demokrat Ketapang Jumpo.

“Tujuh kader tersebut kami ketahui berdasarkan bukti berupa foto, video, dan pengakuan langsung bahwa mereka hadir dalam KLB Deli Serdang,” kata Erma seperti dikutip Antara.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melakukan pembersihan internal. Banyak kader Demokrat di daerah dipecat karena mendukung KLB. Ada juga yang telah dipecat sebelum KLB digelar.

Sulawesi Selatan

Empat ketua DPC Partai Demokrat Sulawesi Selatan dipecat dan posisinya digantikan Plt. Mereka adalah ketua DPC Kabupaten Sidrap, Barru, Pangkep dan Takalar.

Sumatera Selatan

Tiga Ketua DPC Demokrat di Sumsel dan empat kader dipecat lantaran datang ke KLB Deli Serdang. Ketiga ketua DPC itu adalah Ogan Ilir, Addinul Ikhsan Ketua DPC Musi Banyuasin Hairul Ilyasa dan Ketua DPC Demokrat Pagaralam Gio Fernando. Sementara empat kader yang turut diberhentikan adalah pengurus DPC Demokrat Palembang, Penukal Abab Lematang Ilir, Musi Rawas, dan mantan Ketua DPC Demokrat Ogan Komering Ulu Timur.

Yogyakarta

Dua Ketua DPC Demokrat di Yogyakarta telah dipecat. Yaitu Ketua DPC Bantul dan Kabupaten Selman. Mereka membelot ke kubu Moeldoko dan menghadiri KLB Deli Serdang.

Jawa Timur

Sejumlah kader Demokrat di Jawa Timur juga ada yang membelot ke kubu Moeldoko. Yaitu pengurus DPC Demokrat Ngawi dan DPC Demokrat Sumenep. Mereka terdiri dari unsur pimpinan di DPC Demokrat Ngawi dan Sumenep. Posisi mereka pun sudah diganti dengan pelaksana tugas.

Kalimantan Selatan

Sejumlah ketua DPC Kalimantan Selatan telah dipecat sebelum KLB digelar. Lantaran diduga membelot ke kubu Moeldoko. Yaitu, Ketua DPC Tabalong, Ketua DPC Hulu Sungai Utara, Ketua DPC Hulu Sungai Selatan, Ketua DPC Tanah Bumbu, Ketua DPC Kotabaru, Ketua DPC Barito Kuala, Ketua DPC Hulu Sungai Tengah, dan Ketua DPC Tapin.

Jawa Tengah

Dua Ketua DPC Demokrat di Jateng dipecat karena terlibat KLB. Ketua DPC Demokrat Tegal Ayu Palaretin dicopot sebelum KLB digelar. Ketua DPC Demokrat Blora juga dipecat sebelum KLB karena mendukung pelaksanaannya.

Sumatera Utara

Satu orang Ketua DPC dicopot karena mengikuti KLB Deli Serdang. Yaitu Ketua DPC Demokrat Kota Padang Sidempuan Khoiruddin Nasution.

Kepulauan Riau

Demokrat memecat Ketua DPD Kepulauan Riau Apri Sujadi. Bupati Kabupaten Bintan itu hadir di KLB Deli Serdang. Sebelum KLB sudah terendus berangkat ke Jakarta. Saat ini AHY menunjuk Renanda Bachtar sebagai pelaksana tugas mengisi kekosongan pimpinan di Kepri. (mil)