oleh

Sumber Masalah Saat Mencharge Smartphone

-Tekno-8 views

SALISMA.COM – Pasti sangat menjengkelkan jika mencharge smartphone, namun baterainya tidak kunjung terisi penuh.

Berikut ini merupakan  hal – hal yang menjadi sumber masalah saat mencharge smartphone, baterainya tidak kunjung terisi penuh.

Kabel bermasalah

Saat tiba-tiba waktu charge smartphone menjadi lebih lama dari biasanya, pertama Anda harus melihat apakah kabel charger rusak atau tidak. Kerusakan di bagian tertentu kabel, seperti mengelupas atau bahkan hampir putus, bisa mengganggu proses pengisian daya.

Charger tak sesuai

Bagi Anda yang memiliki smartphone dengan baterai 3000mAh ke atas, sebaiknya menggunakan charger bawaan dan menghindari charger dari smartphone dengan baterai berkapasitas di bawah 3000mAh. Sebab, charger untuk baterai di atas 3000mAh biasanya didesain agar bisa mengeluarkan listrik lebih besar.

Jika Anda tetap ngeyel memakai charger untuk smartphone dengan baterai di bawah 3000mAh, jangan kaget bila waktu yang dihabiskan untuk pengisian daya bisa naik jadi dua kali lipat.

Sumber listrik tak sesuai

Ngecharge smartphone lewat laptop juga tidak disarankan, sebab slot USB laptop tidak didesain mengeluarkan daya sebesar colokan listrik asli. Hasilnya, proses isi ulang daya lebih lemot.

Pada beberapa kasus, melakukan isi ulang daya lewat powerbank juga bisa berlangsung lama. Terlebih bila smartphone Anda mempunyai kapasitas lebih dari 3000mAh. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membeli powerbank multi-socket dengan daya output hingga 5 volt.

Smartphone yang kuno

Saat smartphone Anda proses chargingnya lebih lama dari smartphone kawan, jangan buru-buru menyalahkan charger. Sebab, ada kemungkinan bila smartphone Anda lah yang ketinggalan zaman.

Smartphone keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi dengan prosesor yang memungkinkan proses isi ulang baterai lebih cepat, termasuk teknologi isi ulang kilat atau ‘fast-charging’. Misalnya, teknologi Quick-charge milik prosesor Snapdragon buatan Qualcomm.

Kesalahan ada pada Anda!

Anda mungkin adalah hal terburuk yang membuat waktu pengisian daya baterai smartphone sangat lemot. Jika Anda sangat menghargai, hal terbaik yang bisa dilakukan saat mencharge smartphone adalah dengan tidak menggunakannya sama sekali.

Anda bisa mematikannya atau mengaktifkan mode airplane untuk lebih mengoptimalkan proses pengisian daya. Tetap menggunakan smartphone saat dicharge mungkin tidak merusak baterai atau smartphone, tetapi hal itu akan membuat proses charge berlangsung lebih lama. Terutama saat Anda bolak-balik mengecek pesan masuk atau bermain game.

(merdeka)