oleh

Podcast: Impor Beras Untuk Siapa?

-finance-71 views

JAKARTA, SALISMA.COM (SC) – Perdebatan terkait impor beras 1 juta ton mereda setelah setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan ada beras impor yang masuk ke Indonesia sampai Juni 2021.

Dikutip dari Detik.com, Sebelum itu, berbagai pihak saling adu pandangan terkait impor 1 juta ton beras. Bahkan, yang bikin semakin memanas beda pendapat soal urgensi impor beras berasal dari sesama instansi di pemerintahan itu sendiri.

Bulog menyatakan, sejauh ini stok beras Bulog sudah mencapai 883.585 ton yang terdiri dari beras CBP sebanyak 859.877 ton dan beras komersial sebanyak 23.708 ton. Artinya, setelah panen raya, stok CBP Bulog pada akhir April di atas 1 juta ton beras dan jumlah itu sudah memenuhi CBP per tahun, sehingga tidak diperlukan lagi impor beras.

Sementara Kemendag menyatakan stok beras Bulog saat masa panen raya belum cukup memenuhi kriteria aman. Lalu, kenapa akhirnya dibatalkan?

Simak pembahasannya di episode terbaru Podcast Tolak Miskin: Impor Beras Untuk Siapa?. Dengarkan lewat widget di bawah ini atau temukan Tolak Miskin di Spotify. (mil)