oleh

Pesona Wakatobi Sebagai Karibia-nya Indonesia

-Travel-9 views

SALISMA.COM – Apakah anda tahu Wakatobi? Wakatobi sudah sangat dikenal sebagai kepulauan Indonesia yang memiliki keindahan alam bawah laut menakjubkan.

Wakatobi termasuk dalam wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. Nama ‘Wakatobi’ berasal dari nama beberapa pulau yang membentuk kepulauan, yakni Pulau Wangiwangi, Kaledupa, Tomea, dan Binongko.

Di Wakatobi, Anda tidak hanya akan melihat pemandangan indah atau terumbu karang yang masih asli, tetapi juga ikan karang berwarna-warni yang berlimpah.

Tak heran jika pesona kepulauan yang satu ini kian dilirik wisatawan dunia. Bahkan Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya pun menyebut Wakatobi sebagai ‘Karibia-nya’ Indonesia.

Menpar mengatakan, dua daerah di Indonesia, Wakatobi dan Raja Ampat menjadi daya tarik yang luar biasa bagi turis dunia.

Positioning Wakatobi dan Raja Ampat highend market. Wakatobi adalah Karibia-nya Indonesia,” ujar Arief Yahya dikutip dari siaran pers tertulis Launching Wakatobi Wave 2015.

Julukan Wakatobi sebagai Karibia-nya Indonesia tentu bukan hal sembarangan. Pasalnya, Arief Yahya menilai Wakatobi memiliki potensi bahari yang sangat besar. Sehingga bisa menjadi sebuah destinasi dunia sekelas Karibia.

Jika dibandingkan dengan Karibia, Wakatobi memiliki lebih banyak keragaman biota laut. Sebanyak 942 spesies ikan berada di bawah laut Wakatobi. Sementara jumlah spesies terumbu karang mencapai 750, jauh lebih besar dibandingkan Karibia.

“Sebanyak 750 dari 850 terumbu karang di dunia ada di Wakatobi. Sementara di Karibia hanya ada 50 spesies dan Laut Merah 300 spesies,” terang Bupati Wakatobi, Hugua.

Spesies laut yang beragam dan keindahan terumbu karangnya sudah tidak diragukan lagi. Hal ini pula yang membuat Wakatobi masuk daftar 10 daerah Indonesia yang pengembangannya akan dipercepat.

Jadi, apakah anda tertarik berwisata ke Wakatobi?

(dream)