oleh

NASA Akan Ambil Sampel Air Samudera di Encelandus

-Dunia-10 views

SALISMA.COM – Demi memudahkan eksplorasinya mencari tanda kehidupan di Planet Saturnus, Encelandus akan menjadi target NASA. Cassini-Huygens, pesawat luar angkasa (spacecraft) milik NASA pun akan turun ke permukaan bulan keenam dari Planet Saturnus itu pada pekan ini.

Mengutip informasi Reuters pada Senin (2/11/2015), selain mempelajari tekstur permukaan Encelandus serta kandungan uap air, butiran es dan volatil kimia, Cassini juga akan menyelami samudera Bulan tersebut, mengambil sampel airnya untuk mencari materi organik yang mendukung kehidupan.

Meski memang belum pasti terkait soal kandungan air Encelandus, NASA optimistis bahwa Bulan tersebut memiliki kandungan air yang kadarnya tak jauh berbeda dari kadar air Bumi.

“Langkah kami menginjakkan kaki ke Encelandus merupakan salah satu inovasi terbesar NASA dalam era penjelajahan samudera-samudera yang tersebar di Planet Tata Surya kita,” kata Curt Niebur, peneliti dan kepala program penelitian misi Cassini-Huygens.

Memang, spacecraft tersebut tidak memiliki peralatan yang memadai untuk mendeteksi kehidupan. Namun, Niebur berharap bahwa Cassini bisa menemukan detil lebih mendalam dari lautan bawah tanah Encelandus.

Saat ini, Niebur berspekulasi bahwa samudera Encelandus memiliki alur pasang surut yang berbentuk air mancur, terhempas ke atas langit. Sebelumnya, NASA memang pernah mengamati Bulan tersebut memiliki pencaran yang bisa menjulur ratusan mil ke antariksa pada 2005. Pancaran samudra tersebut bisa mencapai Saturnus.

(lipuan6)