oleh

Jantung Bayi ini Diperbaiki Menggunakan Organ Sapi

-Dunia-10 views

SALISMA.COM – Seorang bayi laki-laki bernama Noa Gwilym Pritchard telahir berbeda dari bayi yang lain. Noa terlahir ke dunia dengan fungsi kelainan pada organ jantungnya.

Anda mungkin tak pernah tahu jika bayi asal Liverpool, Inggris ini terlahir dengan jantung yang rusak. Selama delapan bulan pertama dalam kehidupannya, bayi lucu ini harus berjuang sekuat tenaga. Semua bermula kala Noa divonis dokter mengalami sindrom Holt-Oram.

Apa yang dialami Noa ini sangatlah langka mengingat sindrom Holt-Oram hanya ditemukan satu berbanding 100 ribu di seluruh dunia. Namun tim dokter rumah sakit ibu dan anak Alder Hey di Liverpool tak mau menyerah. Mereka pun berjuang sekuat tenaga agar Noa bisa hidup normal.

Sebuah operasi luar biasa dilakukan tim dokter untuk memperbaiki jantung Noa. Merekapun memperbaiki jantung Noa dengan menggunakan beberapa bagian dari organ sapi. Operasi besar itu sukses dilakukan kala Noa masih berusia beberapa hari usai dilahirkan. Kini tim dokter bisa bangga dan menyebut kalau jantung Noa hampir mendekati sempurna, seperti dilansir Mirror.

Organ sapi yang dipilih oleh tim dokter, rupanya itu adalah katup jantung dari sapi. Karena katup jantung pada sapi punya fungsi yang mirip dengan organ jantung manusia

“Awalnya sindrom Holt-Oram membuat Noa telat dalam pertumbuhan karena sindrom langka itu menyeram sistem tulang dan jantung. Kini Noa sudah seperti kebanyakan anak seusianya. Dia sangat aktif dengan lingkungan sekitar. Senang bermain dengan alam, burung, kucing, pohon dan kami sangat berterima kasih kepada semua orang,” ungkap Elen Pritchard, ibu Noa yang begitu bahagia.

(kapanlagi)