oleh

Kuliah di Jepang Serasa di Kampung Halaman

-News-19 views

Kansai University of International Studies (KUIS) membuka kesempatan kuliah bagi pelajar Indonesia. Ujian masuk untuk tahun ajaran 2015 yang dimulai pada Oktober akan diselenggarakan Sabtu (16/5/2015) mendatang.

KUIS merupakan universitas yang menawarkan berbagai kemudahan untuk mahasiswanya. Kemudahan tersebut mulai dari beasiswa dan potongan biaya kuliah, pelatihan persiapan kerja sampai lingkungan kuliah yang menumbuhkan semangat belajar.

Terletak di Perfektur Hyogo, mahasiswa tidak akan butuh waktu lama untuk mengunjungi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) yang berpusat di Osaka atau Kobe. PPI memiliki berbagai acara menarik yang selalu diadakan secara berkala.

Di komunitas tersebut mahasiswa bisa berpartisipasi dalam sanggar budaya, kegiatan olahraga atau festival lainnya. Yang paling penting, mahasiswa bisa punya banyak kesempatan bertemu dan berdiskusi dengan teman “sekampung halaman” untuk menghapus rasa kangen Tanah Air.

Keberagaman juga bukan hal asing di daerah Miki maupun Amagasaki. Mahasiswa dapat menemukan cukup banyak masjid dan gereja dengan jarak tidak terlalu jauh. Makanan halal pun tersedia di sekitar kampus.

Dok KUIS Pendaftaran ujian masuk dan aplikasi diterima selambatnya pada Minggu, 10 Mei 2015. Ujian akan diselenggarakan Sabtu, 16 Mei 2015 mendatang untuk tahun ajaran 2015, yang di mulai pada bulan Oktober.

Selain pendekatan dari lingkungan luar, suasana kampus juga penting. KUIS berusaha membuat mahasiswanya “betah” di kampus. Lewat salah satu programnya, Reflection Day, misalnya. Program tersebut diadakan setiap kali semester berakhir untuk membantu mahasiswa menemukan tujuan akademis pada semester berikutnya.

“Di KUIS tercipta kedekatan antara dosen dan mahasiswa. Bukan hanya ketika di kelas, tetapi dosen sebisa mungkin berusaha menjadi teman baik mahasiswa,” kata Manager for Business Consultant PT. Fuji Staff Indonesia, Takeshi Yoshiwatari, Jumat(10/4/2015).

Pembauran juga terlihat pada kehidupan mahasiswa sendiri. KUIS tidak hanya menerima pelajar dalam usia produktif, sebab orang tua pun bisa belajar di sini. Tak ada batasan umur untuk mendaftar dan menjadi bagian kampus itu.

Keringanan biaya

Nilai tambah dari KUIS adalah lokasi kampus yang terbagi di dua kota, yaitu Kota Amagasaki dan Kota Miki. Biaya hidup di kedua kota ini tidak mahal seperti di kota-kota besar lainnya. Hal itu tentu menghapus anggapan bahwa sekolah di Jepang mahal.

“Dilihat dari segi lingkungannya, Amagasaki dan Miki adalah kota kecil di Perfektur Hyogo. Lingkungannya tidak ramai sehingga lebih cocok untuk tempat belajar,” kata Yoshiwatari.

Urusan tempat tinggal pun terjamin. Yoshiwatari menuturkan, pihak universitas siap menjembatani mahasiswa dengan agen perumahan atau mencarikan tempat tinggal dengan kisaran harga Rp 2.750.000 sampai Rp 5.500.000 per kamar berisi dua sampai empat orang, serta Rp 4.400.000 per kamar berisi satu orang.

Pelajar juga tak perlu khawatir soal beasiswa. Mahasiswa punya banyak pilihan program dan skema keringanan biaya kuliah di KUIS, misalnya Ai No Sono dalam bentuk biaya bulanan 40.000 atau 80.000 yen per bulan. Ada juga Hamana Misao, yaitu potongan biaya kuliah 75 persen sampai 100 persen, serta Scholarships Fund, yaitu pengurangan biaya kuliah 5 persen sampai 10 persen.

Dok KUIS Untuk mengikuti perkuliahan, pelajar wajib memiliki kemampuan bahasa Jepang setara JLPT (Japanese Language Proficiency Test) N2/N3. Untuk kebutuhan itu, KUIS menjembatani dengan adanya program bahasa Jepang yang disebut Bekka.

Tak hanya itu. Di sini juga tersedia beasiswa dari berbagai lembaga/instansi, antara lain dari Prefektur Hyogo sebesar 30.000 yen per bulan, JASSO Scholarship Funds for Foreign Students senilai 48.000 yen per bulan, beasiswa Rokko sebesar 50.000 yen per bulan, dan banyak lagi yang lainnya.

Bagi pelajar yang berminat, KUIS sudah membuka pendaftaran ujian masuk S-1. Aplikasi diterima selambatnya Minggu, 10 Mei 2015 mendatang. Ujian akan dilaksanakan di Gedung Summitmas I, Jakarta, dan akan diumumkan pada akhir Mei.

Sebagai langkah awal kuliah di KUIS, ikuti juga Program Bekka. Bekka merupakan progampelatihan bahasa dan budaya Jepang. Pendaftaran paling lambat pada 3 Juni 2015 dan ujian akan dilangsungkan pada 13 Juni 2015. Kelulusan ujian Bekka akan diumumkan pada 24 Juni 2015.

Informasi dan keterangan lebih lanjut bisa melalui e-mail ke kuis@fujistaff.co.id.