oleh

UI Buka Program Studi Geologi dan Geofisika

-News-13 views

Universitas Indonesia (UI) membuka dua program studi (prodi) baru, yaitu Sarjana Geologi dan Sarjana Geofisika yang berada di bawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI, Rifelly Dewi Astuti di Depok, Senin (27/4/2015), mengatakan, pembukaan program studi ini didasarkan atas keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor: 537/E/O/2014 pada tanggal 17 Oktober 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Program-Program Studi Program Sarjana pada UI.

Ia mengatakan, para calon mahasiswa baru UI tahun akademik 2015/2016 telah dapat memilih program studi baru tersebut melalui ujian SIMAK UI 2015 atau ujian tulis SBMPTN 2015. “Daya tampung dari masing-masing program studi tersebut adalah 60 mahasiswa,” katanya.

Menurut dia, pada jalur masuk melalui ujian SIMAK UI (kuota 15 mahasiswa), pendaftaran telah dibuka pada tanggal 27 April-29 Mei 2015 melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id dan ujian SIMAK UI dilaksanakan pada 14 Juni 2015.

Sedangkan pendaftaran Ujian Tulis SBMPTN (kuota 45 mahasiswa) dapat dilakukan pada 11-29 Mei 2015, sementara pelaksanaan Ujian Tulis SBMPTN pada 9 Juni 2015.

Geologi merupakan bidang ilmu yang mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan pemahaman tentang bumi, material penyusunnya, proses-proses yang berlangsung selama/setelah pembentukannya, dan makhluk hidup yang pernah ada atau hidup di bumi.

Seorang geologis (ahli geologi) bekerja untuk memahami proses terjadinya Bumi, terbentuknya batuan dan mineral, terjadinya bencana alam, dan keselamatan lingkungan.

Selain itu, lulusan Geologi UI dipersiapkan untuk mampu menganalisis permasalahan terhadap eksplorasi sumber daya alam, sumber daya energi dan lingkungan, kebencanaan dan teknologi dengan menerapkan geologi sesuai etika profesi.

Dengan ruang lingkup pekerjaan tersebut maka seorang geologis dituntut untuk dapat bekerja secara dinamis baik di lapangan maupun di laboratorium.

Sedangkan Geofisika adalah bidang ilmu yang mengkombinasikan metodologi ilmu fisika dan konsep ilmu geologi untuk memahami struktur bawah permukaan bumi.

Salah satu manfaat ilmu geofisika adalah untuk mengetahui keberadaan sumber daya alam yang tersimpan di dalam bumi, seperti minyak bumi, gas alam, batubara, mineral bahan tambang, panasbumi dan air tanah.

Lebih jauh lagi, ilmu geofisika juga bisa dimanfaatkan untuk mitigasi bencana kebumian (seperti identifikasi daerah rawan gempa, tanah longsor, bencana akibat letusan gunung api) dan identifikasi masalah lingkungan, diantaranya pemetaan sebaran pencemaran limbah di bawah tanah.

Lulusan Geofisika UI dipersiapkan untuk mampu menganalisis permasalahan eksplorasi sumber daya alam, sumber daya energi dan lingkungan serta mitigasi bencana kebumian dengan menerapkan metodologi geofisika berdasarkan kemajuan teknologi sesuai etika profesi.

Kesempatan karier bagi lulusan Sarjana Geologi dan Geofisika sangat luas dan bervariasi. Hal ini termasuk terkait investigasi lapangan, kerja di laboratorium, akuisisi data, pemrosesan data digital, pemboran dan pertambangan, serta mitigasi bencana dan lingkungan.

Industri yang terkait pekerjaan tersebut adalah industri minyak dan gas, mineral, batubara, maupun industri energi geotermal.

Di samping itu, lulusan Sarjana Geologi dan Geofisika juga dapat bekerja di bidang studi lingkungan, geoteknik, pemetaan geografi, oseanografi, prediksi dan monitoring gempa bumi, vulkanologi, dan sebagainya.

Selain itu, tak menutup kemungkinan lulusan Sarjana Geologi dan Geofisika juga dapat bekerja di sektor perbankan dan lembaga keuangan untuk menganalisis resiko dampak kerugian akibat bencana kebumian ataupun analisis resiko terhadap suatu pembiayaan kegiatan yang berhubungan dengan eksplorasi sumber daya alam.