oleh

Teknologi Aluminium Transparan Kini Menjadi Kenyataan

SALISMA.COM – Aluminium transparan, Teknologi yang sebelumnya hanya ada di film fiksi ilmiah Star Trek: The Voyage Home, kini menjadi kenyataan. Alumunium transparan ini sebentar lagi dapat dijadikan bahan baku untuk bodi smartphone dan jam tangan.

Sang pembuat, ilmuwan dari US Naval Research Laboratory Dr Jas Sanghera, memaparkan bahwa material ini adalah campuran dari mineral dan magnesium aluminat. Kelebihan dari aluminium transparan adalah jauh lebih keras dan lebih kuat dari kaca.

Mengutip laman Ubergizmo, Kamis (5/11/2015), dengan karakteristik tersebut membuat material ini dapat memberikan perlindungan yang lebih baik dari lingkungan ekstrem seperti dapat menahan pasir dan erosi hujan.

Sanghera menjelaskan proses manufaktur dari aluminium transparan ini. “Kami menempatkan powder dengan tekanan tinggi, ditekan di bawah vakum yang kedap udara dan kemudian aluminium akan terlihat transparan,” paparnya.

Setelah itu aluminium akan dipoles sebelum disempurnakan lebih lanjut ke penggunaan lain, seperti untuk kaca antipeluru. Material ini tak menutup kemungkinan bisa dijadikan bahan baku untuk pembuatan perangkat mobile.

(liputan6)