oleh

Konsumsi 5 Sayuran Ini Agar Berat Badan Cepat Turun

-Lifestyle-149 views

SALISMA.COM – Sayuran dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dengan cepat karena mengandung nutrisi penting untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Sayuran juga memiliki kandungan kalori yang rendah.

Dikutip dari detikcom, sayuran merupakan salah satu makanan untuk menyeimbangkan gizi harian pada tubuh. Sayuran juga dinilai bisa menjadi sumber energi hingga meningkatkan kesehatan tubuh. Salah satunya baik dikonsumsi oleh mereka yang sedang berdiet menurunkan berat badan.

Beragam jenis sayuran dapat dikonsumsi untuk diet. Tak perlu yang sulit dicari, tapi beberapa sayuran berikut bisa dengan mudah kamu temui di pasar atau penjual sayuran keliling. Harga sayuran berikut juga cukup terjangkau, sehingga kamu bisa mengonsumsinya secara rutin untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Perfect Keto (19/4) dan She Finds (26/3), ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan nutrisi tinggi dan rendah kalori dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Di antaranya seperti bayam, brokoli, hinga seledri.

Berikut 5 sayuran yang dapat menurunkan badan dengan cepat.

1. Bayam
Bayam, salah satu sayuran yang mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Satu ikatnya biasa ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 3 ribu saja. Sayuran hijau satu ini juga dapat diolah menjadi beragam masakan lezat. Mulai dari sayur bening, smoothies, hingga tumisan.

Sayuran hijau yang satu ini terkenal sebagai makanan sehat dengan segudang manfaat. Bayam mengandung kalsium, vitamin A, potassium. Bayam juga berguna untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh, yang penting dalam proses penurunan berat badan.

Selain itu bayam sangat rendah kalori. Per 100 gram sayur bayam kisaran kalorinya sekitar 23kalori saja, seperti dikutip dari Health Line (14/5). Selain dijadikan sayur bening, kamu juga bisa mencampurkan bayam dengan omelet.

2. Brokoli
Mirip seperti bayam, brokoli juga mudah ditemukan dan bisa dinikmati sebagai menu diet sehat. Satu brokoli biasanya dibanderol harga sekitar Rp 10 ribuan tergantung ukurannya. Brokoli sangat enak dibuat menjadi tumisan atau campuran sup.

Brokoli juga salah satu sayuran yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem metabolisme. Karena sayuran hijau ini mengandung glucoraphanin. Zat ini membantu mengembalikan metabolisme pada tubuh agar lebih seimbang.

Tak hanya itu, rutin mengonsumsi brokoli juga bisa menurunkan kadar gula darah, mengurangi risiko berbagai penyakit terkait penuaan dan usia. Sayuran ini aman dikonsumsi saat diet karena per 100 gram, kandungan sekitar 34 kalori saja. Selain itu ada kandungan vitamin C di dalam brokoli yang berperan sebagai zat antioksidan.

3. Mentimun
Belanja sayuran di penjual keliling, pasti kamu akan mudah menemukan mentimun. Mentimun sangat populer disantap sebagai lalapan hingga acar pelengkap berbagai makanan. Ternyata, mentimun juga baik untuk meningkatkan metabolisme pada tubuh, serta mendorong berat badan agar cepat turun.

Kalori yang terkandung di dalam mentimun ini jauh lebih rendah dibandingkan sayuran bayam atau brokoli. Setiap 100 gram mentimun, hanya mengandung 15 kalori saja. Mentimun mengandung air dan kalium yang tinggi.

Ada seorang wanita asal Korea Selatan yang telah membuktikan khasiat mentimun untuk menurunkan berat badannya. Ia rutin mengonsumsi mentimun sebanyak 3-4 buah per hari selama 6 bulan, dan berat badannya berhasil turun hingga 43 kilogram.

4. Cabai
Cabai biasanya digunakan untuk membuat sambal atau hidangan bercita pedas lainnya. Tak hanya untuk menambahkan cita rasa, tapi juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Dilansir dari Harvard Health, beberapa peneliti menemukan bahwa cabai bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan oksidasi lemak. Cabai memiliki kandungan capsaicin yang membuat tubuh terasa lebih hangat atau panas setiap makan sehingga dapat membakar lemak.

Kandungan kalori pada cabai juga terbilang rendah, dalam 100 gramnya hanya sekitar 39 kalori saja. Kamu bisa menambahkan cabai pada olahan hidangan dietmu. Jangan terlalu banyak juga menambahkannya, karena pedasnya cabai bisa menimbulkan masalah pada kesehatan perutmu.

5. Seledri
Seledri biasanya ditambahkan untuk melengkapi hidangan berkuah karena memiliki aroma yang harum. Seperti ditambahkan pada sayur sop ayam, soto, hingga bakso. Kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dan harganya relatif murah.

Selain berfungsi untuk menjadikan makanan lebih lezat, seledri juga bisa kamu gunakan untuk berdiet. Karena seledri rendah kalori dan karbohidrat. Seledri juga mengandung zat antioksidan yang tinggi, ada ua kandungan vitamin C, vitamin K, hingga vitamin B6.

Kalau kamu ingin mengonsumsinya untuk menurunkan berat badan, kamu bisa menjadikannya jus seledri. Tambahkan dengan buah-buahan segar lainnya agar makin nikmat. (mg1)