oleh

PD DMI Pekanbaru dan FEB Universitas Riau Adakan Pelatihan Manajemen Keuangan Masjid

SALISMA.COM – Puluhan peserta yang tergabung ke dalam pengurus masjid yang terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara Masjid Pekanbaru, mengikuti Pelatihan Manajemen Keuangan Masjid, Selasa, 21 September 2021.

Kegiatan dilaksanakan di sekretariat PD DMI Kota Pekanbaru, yang berada di Kompleks LPTQ Jalan Kassa, Pekanbaru, yang juga merupakan Kompleks SMP Madani.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat FEB Universitas Riau menghadirkan Narasumber dari Dosen FEB Universitas Riau, Dr. Rasuli, SE. M.Si. Ak. CA. ACPA, Meilda Wiguna, SE. M.Sc.Ak.CA, Junita, SE. M.Si.Ak.CA, dan Pipin Kurnia, SE. M.Ak.CA. Turut Hadir Jajaran Pengurus PD DMI Kota Pekanbaru, Juga Ketua terpilih PW. DMI Provinsi Riau Mizan Asnawi, SE.M.Ec.Dev.

Pada kesempatan tersebut Ketua PD DMI Kota Pekanbaru, Dr. Marabona Munthe, M.E.Sy menyampaikan bahwa Pentingnya Manajemen Keuangan Masjid dan sudah saatnya masjid membuat laporan keuangan tidak hanya kas masuk dan kas keluar saja, kemudian saldo. Masjid sebagai pusat kegiatan ummat islam, yang menerima amanah dari dari ummat bisa transparansi dan akuntabel dalam membuat laporan keuangan.

Sambutan juga disampaikan oleh Dr. Rasuli, SE.M.Si. Ak.CA.ACPA, Beliau menyampaikan pengalamannya menjadi pengurus masjid, dan sudah saatnya pengurus masjid beralih ke system Akuntansi Keuangan Masjid diberlakukan di masjid.

Tim FEB Universitas Riau, selain memaparkan ISAK (Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan) Nomor 35 untuk Laporan Keuangan Masjid, juga memberikan software offline, kepada PD DMI Kota Pekanbaru dan Peserta pelatihan.

Kedepannya semoga ada pelatihan serupa, karena pelatihan seperti ini tidak cukup sekali, diperlukan beberapa kali pelatihan hingga sampai faham dan perlu pendampingan. (rilis)