oleh

8 Tanda Memiliki Kecerdasan di Atas Rata – Rata

SALISMA.COM – Tingkat kecerdasan seseorang berbeda – beda satu sama lain. Kecerdasan juga tidak terkait dengan kesuksesan seseorang. Namun banyak yang membuktikan, kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang sangat membantu dalam memecahkan masalah sehari-hari. Berikut delapan tanda Anda memiliki kecerdasan di atas rata-rata seperti yang dilansir liputan6.

1. Anda merupakan anak pertama

Tidak bermaksud membanding-bandingkan, namun terbukti anak tertua dalam suatu keluarga biasanya lebih pintar. Hal tersebut ternyata bukanlah merupakan pengaruh genetik. Penelitian pada tahun 2007 menunjukkan, anak pertama cenderung lebih pintar karena psikologis serta tuntutan dalam keluarga. Sebagaimana yang diketahui, anak pertama kerap dituntut untuk menjadi panutan bagi yang lebih muda. Hal ini membuat mereka belajar lebih keras.

2. Anda tidak merokok

Rokok telah sejak lama ditengarai menjadi penyebab rendahnya kecerdasan seseorang. Bukan tanpa alasan, zat-zat kimia yang terdapat di dalam rokoklah yang membuat hal tersebut terjadi. Adalah pernyataan yang salah seseorang merokok dan kecerdasan mereka tidak terpengaruh. Penelitian di Israel pada tahun 2010 yang dilakukan pada 20.000 pria muda menunjukkan rata-rata pria perokok berumur 18-24 memiliki IQ 94, sedangkan yang tidak perokok memiliki IQ 101.

3. Anda memelihara kucing

Studi pada tahun 2014 menunjukkan, seorang pecinta anjing memang lebih gampang bersosialisasi, namun seorang pecinta kucing memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. Hal ini kemungkinan dikarenakan kebanyakan pecinta kucing merupakan introvert yang membuat mereka memiliki banyak waktu untuk mengembangkan kecerdasan yang mereka miliki.

4. Anda memiliki badan yang kurus

Badan yang sehat memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan otak pula. Penelitian pada tahun 2006 di Perancis menemukan bahwa orang-orang yang obesitas hanya mampu mengingat 44% kata dari tes kosakata, sedangkan orang kurus mampu mengingat hingga 56%.

5. Anda bertangan kidal

Siapa sangka seseorang yang kidal cenderung memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi dari yang lain? Hal ini terkait dengan cara berpikir dan bekerja mereka yang berbeda dari orang-orang yang tidak kidal. Cara berpikir yang berbeda tersebut membuat mereka lebih kreatif.

6. Anda bertubuh tinggi

Penelitian dari Universitas Princeton menunjukkan anak-anak yang memiliki tubuh tinggi hasil tes kognitifnya lebih baik dibanding yang bertubuh pendek.

7. Anda mengambil kursus bermusik

Musik memang dikenal dapat meningkatkan kecerdasan rata-rata yang dimiliki oleh seseorang. Berdasarkan penelitian tahun 2011, anak-anak berusia 4-6 tahun kemampuan verbal mereka meningkat setelah sebulan mengikuti les bermusik.

8. Anda tidak menggunakan obat-obatan terlarang

Penelitian tahun 2012 menunjukkan keterkaitan antara tingkat IQ di masa anak-anak dengan penggunaan obat-obatan di masa dewasa. Seseorang yang memiliki kecenderungan menggunakan obat-obatan IQ akan menurun dibanding di masa anak-anak.

(liputan6)