oleh

Ditemukannya Jejak Kaki Dinosaurus di Skotlandia

-Dunia-8 views

SALISMA.COM – Meski dinosaurus sudah punah, Namun banyak mitos dan banyak fosil yang ditemukan sebagai tulang belulang dinosaurus tersebut. Baru-baru ini, ditemukan lagi jejak dinosaurus super besar di zaman prasejarah di Skotlandia.

Ditemukannya Jejak Kaki Dinosaurus di Skotlandia

Jejak kaki yang ditemukan ini merupakan jejak kaki terbesar yang pernah ditemukan di Skotlandia. Stephen Brusatte dan teman-temannya menjelaskan bahwa 170 juta tahun yang lalu, dinosaurus berleher panjang disebut sauropoda menjelajah Skotlandia.

Hewan-hewan ini beratnya rata-rata 15 hingga 20 ton, sehingga jejak mereka hingga terukir di bebatuan pantai dekat Atlantik. Jejak ini ditemukan oleh Stephen Brussate dan seorang rekannya yang memang sedang berburu fosil.

Mereka baru menyadari bahwa lubang zig-zag yang ada di bebatuan yang mereka lewati adalah jejak binatang prasejarah. Lebar jejak kaki yang mencapai 0,7 meter ini tidak hanya satu, namun ratusan jejak kaki.

Lokasi ditemukannya jejak kaki ini menunjukkan bahwa dinosaurus jenis sauropoda ini ternyata suka berada di air. Menurut National Geographic, temuan ini menentang pemikiran sebelumnya bahwa sauropoda hidup hanya di hutan. Jejak kaki terbesar ini juga menjadi informasi berharga tentang makhluk kuno yang sudah punah ini.

(merdeka)