oleh

Fahri Hamzah Minta Proses Seleski Calon Pimpinan KPK Segera Diselesaikan

SALISMA.COM (SC) – Masa jabatan pimpinan KPK akan habis pada 16 Desember, namun Komisi III DPR belum juga menyelesaikan uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan KPK. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mendesak agar Komisi III DPR segera merampungkan proses seleksi calon pimpinan KPK. Paling telat, kata Fahri, besok Komisi III DPR sudah punya keputusan apakah menerima atau menolak capim KPK yang diajukan oleh panitia seleksi.

“Paling telat besok mereka sudah harus membuat keputusan tentang nasib dari pada para capim KPK. Komisi III diberi hak penuh oleh undang-undang, oleh konstitusi untuk menentukan mau dibawa ke mana capim KPK itu, mau ditolak atau bagaimana,” ujar Fahri di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (15/12), seperti yang dilansir merdeka.

Dia menjelaskan, setelah diputuskan, diharapkan di internal Komisi III mendorong keputusan tersebut ke paripurna untuk kemudian disahkan. Hal ini mengingat, Capim KPK dibiarkan tanpa ada kejelasan beberapa bulan terakhir.

“Silakan nanti dibahas di komisi III setelah itu mereka akan dibawa ke paripurna untuk mendapat pengesahan di paripurna,” tambahnya.

Diketahui bahwa Komisi III DPR RI telah mengulur-ulur waktu dalam seleksi calon pimpinan KPK. Padahal sebelumnya Presiden Joko Widodo sudah jauh hari menyerahkan delapan nama ditambah dua nama yang sudah diseleksi sebelumnya kepada Komisi III.

(merdeka)