oleh

Wah! Di Jepang Ada Apel dan Sayur Salju

-Dunia-18 views

SALISMA.COM (SC) – Salju bisa turun sangat tebal di musim dingin di beberapa daerah di Jepang. salah satunya adalah di Perfektur Nagano.  Untuk memanfaatkan tingginya curah salju di daerah tersebut, masyarakat Nagano mempunyai ide kreatif  yaitu untuk menemukan varian apel baru.

Disebut snow apple atau apel salju, popularitas buah ini semakin meningkat berkat rasanya yang lebih berair, renyah, dan lebih manis.

Namun, apa sih sebenarnya apel salju ini? Ternyata para pemetik apel di Kota Ueda, Nagano menyisihkan sebagian dari sekitar 15.000 apel yang mereka panen di bulan November dan Desember untuk dikubur di salju yang bisa mencapai ketinggian 4 meter selama beberapa bulan, dan kemudian dijual sebagai apel-apel salju.

Salju menjaga suhu apel pada sekitar 0°C dengan tingkat kelembaban mencapai 90%, hingga pendingin alami ini membuat tekstur apel lebih renyah, berair, sekaligus lebih manis. Praktik yang sudah berlangsung selama sekitar 6 tahun ini memakai banyak jenis apel, dari apel fuji, pink lady, sampai jenis apel asal Nagano yang ternama yaitu Shinano Gold dan Sninano Sweet.

Snow Apples Sayuran Salju 4

 

 

Tidak hanya apel, di area Mimami-Aizu Perfektur Fukushima, para petani malah membiarkan sayur-mayur mereka tumbuh di ladang yang tertimbun salju, dan baru memanennya pada akhir musim dingin. Baik kol, lobak, ubi, dan berbagai macam sayuran lainnya, salju diklaim membuat rasa sayauran ini lebih enak.

Begitu juga dengan Perfektur Niigata, di mana mereka mulai terkenal akan wortel saljunya yang populer di kalangan anak-anak karena tidak memiliki rasa rumput/tanah yang biasanya kental terasa dari wortel. Rupanya, wortel salju ini mengandung lebih banyak asam amino dan asparagine yang menyebabkan rasanya lebih manis, dan juga lebih banyak caryophyllene yang membuatnya memiliki aroma yang enak.

(japanesestation)