oleh

Tak Terima Pasien BPJS, BPJS Peringati RS Swasta Pekanbaru

-Metro-7 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Sebanyak lima rumah sakit swasta yang ada di Pekanbaru diberi peringatan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dikarenakan RS tersebut tidak mau menerima pasien pemegang BPJS. Demikian yang dikatakan oleh Kepala BJS Kesehatan Sumbagut Benjamin Saut.

Dirinya beralasan, pihaknya memberi peringatan kepada lima RS Swasta tersebut karena lebih dari satu kali menolak pasien BPJS. Namun, jika rumah sakit tersebut masih juga membandel, maka pihaknya akan memutus kontrak dengan rumah sakit tersebut.

“Jadi, di Pekanbaru sendiri ada lima rumah sakit yang kita kasih peringatan. Jika masih menolak pasien BPJS, kontrak kepada rumah sakit itu tidak akan diperpanjang,” katanya, Selasa (29/12/2015)

Kata Benjamin, bagi rumah sakit yang tidak menerima BPJS akan kehilangan kepercayaan dari masyarakat dan berakibat fatal pada proses penuntutan hukum. Tak hanya itu, di sepanjang tahun 2015 ini tingkat kepatuhan rumah sakit untuk saat ini berada pada level 75 persen.

Benjamin juga mengingatkan agar pihak rumah sakit mengutamakan keselamatan pasien dan mengesampingkan urusan pembayaran. “Karena masih 75 persen, kita sendiri nantinya akan meningkatkan level kepatuhan itu pada tahun 2016 mendatang,” terangnya.

“Selain itu, pihak rumah sakit dan pasien sering menemukan kendala dalam proses administrasi sehingga klaim tidak bisa dikeluarkan. Untuk itu, pasien juga harus lengkap dan tertib dalam proses administrasi,” lanjutnya lagi.

Sedangkan Untuk proses klaim dan pembayaran juga akan dipermudah dan bertambah jaringan pembayaran di Kantor Pos, Indomaret maupun Alfamart. Benjamin juga mengakui bahwa saat ini BPJS Kesehatan selama hampir dua tahun berjalan sudah sangat dirasakan peserta.

“Sehingga berpengaruh terhadap layanan kesehatan masyarakat dibuktikan dengan jumlah pesertanya yang mencapai 1,5 juta jiwa,” tutupnya. (iqbal)