oleh

Wali Kota Pekanbaru Ancam “Copot” Pejabat Tak Sesuai Visi

-Metro-6 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Wali Kota Pekanbaru, Firdaus MT menyatakan dalam waktu dekat melakukan rotasi jabatan bawahannya pada awal tahun 2016. Saat ini disebut sudah ada empat nama Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang segera dievaluasi.

Dari informasi yang dihimpun salisma.com, keempat kepala SKPD tersebut merupakan hasil assesment tahap I yang sudah dilakukan pada 2015 lalu. “Evaluasi ini perlu untuk percepatan pembangunan kota Pekanbaru. Kita akan lakukan assesment lagi kalau salah satu lowongan SKPD kosong,” kata Firdaus, Senin (04/01/2016).

Saat ini Pemerintah Kota Pekanbaru sendiri sampai sekarang sudah melaksanakan dua kali seleksi jabatan. Saat ini seleksi tahap II Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) sedang berlangsung dan kini pada tahap akan diserahkannya tiga nama calon dari tiap jabatan untuk dipilih salah satunya menjadi pejabat tetap.

Ada 13 jabatan yang diseleksikan pada assessment jilid II. Yakni Sekretaris Daerah, Asistent I sampai ke IV, Kepala BKD, Kepala BPT-PM, Kepala Kesbangpol, Kepala Bapeda, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Ispektorat, Sekretaris Dewan dan Kepala Dinas Cipta Karya. Dan jabatan yang paling banyak diincar yakni Sekretaris Daerah (Sekda), ada tujuh peserta yang memperebutkannya.

Sama halnya dengan seleksi jabatan tahap pertama, bila pejabat hasil assessment ke dua tidak juga mumpuni maka akan dirotasi atau dicopot dari jabatannya. “Yang kita perlukan sekarang pejabat-pejabat yang mampu menerapkan seluruh visi misi Kota Pekanbaru,” katanya.

Seperti diketahui Pekanbaru merupakan daerah yang pertama sekali melaksanakan seleksi jabatan secara terbuka. Pada assessment tahap satu sebanyak 31 jabatan yang dilowongkan. Pejabat yang lulus ada yang menempati posisi semula seperti Kepala Dinas tenaga Kerja (Disnaker) Pekanbaru, Disdukcapil Baharudin, dan lainnya.

Serta ada beberapa wajah baru seperti Yuliasman sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Pekanbaru, Arifin yang menjabat Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo), serta Azwan yang sebelumnya menjabat Dinas kebersihan dan Pertamanan (DKP) menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru. (Dilla)