oleh

Rusunawa Eks Teleju Pekanbaru Masih Belum Bisa Dihuni

-Metro-55 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – Rusunawa Rejosari atau rusunawa eks teleju Pekanbaru hingga saat ini masih belum bisa dihuni. Padahal arus listrik sudah masuk ke rumah susun tersebut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Bina Marga, Zulkifli Harun, Senin (04/12/2016). Kendati awal tahun masih belum bisa dihuni, pihaknya akan terus menggesa agar pertengahan tahun 2016 ini rusunawa tersebut sudah bisa ditempati.

“Saat ini, Rusunawa Rejosari yang di eks teleju sudah mulai proses dan surat dari kementerian PU dan Perumahan sudah berkali-kali minta agar rusunawa tersebut difungsikan,” katanya, Senin (04/01/2016).

Untuk arus listrik di rusunawa tersebut, kata Zulkifli, juga sudah masuk. Namun untuk saat ini stop kontak memang belum masuk untuk di kamar-kamar. Selain itu dirinya juga memerintahkan Kepala UPTD untuk mendata warga yang akan menghuni rumah susun tersebut.

“Tidak mungkin juga mereka harus pakai lilinkan. Mudah-mudahan dua bulan kedepan ini akan tuntas semuanya dan tinggal pendataan saja. Saya juga sudah perintahkan kepala UPTD untuk mendata warga yang ingin menghuni rusunawa tersebut,”jelasnya.

Namun untuk aliran air belum ada pasokan ke Rusunawa tersebut. “Memang setelah kita cek belum bisa kita aliri ke kamar-kamar. Tentunya harus dialiri dulu baru bisa nanti ditinggali,” kata Zulkifli.

Mengenai sewa dari rusanawa tersebut, Zulkifli mengatakan tidak akan sampai diangka Rp 500 ribu. “Maksimal Rp 250 ribuanlah,” katanya.

Kemudian untuk yang mendaftar sebagai penghuni Rusunawa Rejosari sudah sebanyak 193 orang. Dengan adanya hal tersebut, Dinas Cipta Karya sendiri tinggal menunggu Peraturan Walikota (Perwako) terkait rumah susun tersebut.

“Tinggal tunggu perwako saja, kita mengambil contoh di Batam seperti apa perwako rusunawa di Batam. Karena di Batam sendiri memang sudah difungsikan. Makanya sekarang ini kita menunggu penyusunan perwako,” katanya. (Dela)