oleh

Di Duga Tak Miliki Izin, DPRD Minta McD di Tutup

-Metro-15 views

SALISMA.COM (SC), PEKANBARU – McDonald’s saat ini tengah menjadi sorota bagi masyarakat Kota Pekanbaru. Selain itu, DPRD Kota Pekanbaru juga turut mengkritisi keberadaan restaurant cepat saji tersebut. Bahkan sebelumnya, Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru menemukan bahwa izin Drive Thru dari Dishub Pekanbaru tidak dimiliki oleh McDonalds.

Tak hanya sekedar menemukan izin, sertifikasi halal dari MUI yang ada di McDonalds juga telah habisnya masa berlakunya dan serta tidak adanya izin kehalalan dari MUI Kota Pekanbaru. Untuk itu Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi mengatakan bahwa Pemko Pekanbaru termasuk Disperindag untuk menutup tempat makan cepat saji tersebut jika terbukti tidak mengantongi izin yang lengkap.

“Coba cek Izin Amdal lalinnya bagaimana, benar tidak ada izinnya. Kalau kita lihat jalanan macet jadinya, belum lagi mereka tidak mengantongi izin dari MUI Kota Pekanbaru dan ini sudah terjadi pembiaran secara sengaja,” katanya, Jumat (8/1/2016).

Dirinya menambahkan, ada aturan-aturan yang harus dipenuhi oleh setiap pengusaha di Kota Pekanbaru, terutama yang bersangkutan dengan Perda No 9 Tahun 2014 tentang tata kelola pasar moderen dan pasar rakyat. “Jika kriteria itu tidak bisa dipenuhi oleh pemilik usaha jangan dibiarkan begitu aja,” lanjutnya.

Politisi Demokrat tersebut juga meminta agar Pemko berlaku adil dalam melakukan penertiban seperti usaha-usaha besar yang tidak memiliki izin.

“Kami minta Pemko melalui Satker yang ada bersikap adil. Satpol PP juga harus bertindak tegas kepada yang besar, bukan hanya yang kecil saja,” tutupnya. (iqbal)