oleh

Robot Ini Bisa Sembuhkan Cedera Bahu Dalam Waktu Singkat

-Tekno-7 views

Salisma.com – Tahukah Anda, bahu manusia adalah salah satu sendi yang paling kompleks dalam tubuh? Hal ini dikarenakan banyaknya gerakan, seperti menulis dan mengangkat beban yang bertumpu pada salah satu anggota tubuh tersebut. Oleh karena itu, saat terjadi cedera pada bahu maka proses penyembuhan cenderung akan berjalan begitu lama.

Namun baru-baru ini, sekelompok peneliti dari Pusat Otomasi dan Robotika atau CAR UPM-CSIC mengklaim telah menemukan sebuah robot yang mampu membantu proses penyembuhan cedera bahu dengan lebih cepat. Robot berjenis exoskeleton itu dilaporkan bakal membantu pasien cedera bahu sembuh lebih cepat karena dibekali sistem yang dapat mengajarkan pasien gerakan-gerakan alami bahu.

Peneliti sengaja menggabungkan dua disiplin ilmu kinematika dan dinamika untuk merancang sistem pada robot exoskeleton ini. Dengan gabungan dua disiplin ilmu tersebutlah, akhirnya robot exoskeleton ini mampu membimbing pasien bergerak layaknya tangan alami.

Selain dapat mengajarkan pasien bergerak layaknya tangan, robot exoskeleton juga dapat menilai dan mencatat perkembangan proses terapi. Robot bakal memberikan catatan rinci perkembangan pasien dari hari ke hari, mulai dari perkembangan gerak otot, tendon, bahkan ligamen.

Cecilia Garcia Cena, pemimpin penelitian ini mengungkapkan jika robot exoskeleton adalah perangkat yang murah. Ia berujar jika robot ini akan menjadi solusi jitu untuk meringankan biaya terapi cedera bahu yang selama ini dinilai mahal dan menghabiskan banyak waktu.

(techno.id)