oleh

Samsung Lolos Tuduhan Hak Paten Apple Senilai Rp 1,6 Triliun

-Tekno-4 views

Salisma.com – Hingga saat ini, perseteruan hak paten antara Apple dan Samsung masih berlangsung sengit. Perihal pihak mana yang kuat, dalam beberapa persidangan, Samsung memang kalah dan dijatuhi hukuman berupa denda ganti rugi.

Namun di persidangan yang baru-baru ini digelar, dewi keberuntungan tampaknya sedang berpihak kepada Samsung. Mengutip laman Forbes (26/02), raksasa Korea Selatan itu baru saja lolos dari tuduhan mencuri hak paten Apple senilai Rp 1,6 triliun.

Keberuntungan itu bermula dari keputusan Pengadilan Banding AS yang telah membatalkan sekitar 2.014 tuntutan pihak Apple melalui Pengadilan Federal California. Sekadar informasi, 2.014 tuduhan itu bernilai USD 119,6 juta (sekitar Rp 1,6 triliun).

Dalam tutuntan itu, Apple mengklaim jika Samsung mencuri beberapa paten miliknya. Mereka adalah fitur quick links (seperti mengubah nomor telepon sebagai link, sehingga dapat disimpan dengan cepat), slide-to-unlock, dan auto-correct.

Menanggapi tuntutan tersebut, pihak Pengadilan Banding AS menyatakan bahwa beberapa fitur tersebut sama sekali berbeda dengan milik Samsung. Menariknya, mereka bahkan menuduh balik Apple yang mencuri hak paten Samsung.

“Keputusan hari ini adalah kemenangan untuk konsumen dan menempatkan persaingan kembali di tempatnya (di pasar, bukan di ruang sidang),” ucap seorang juru bicara Samsung. Sedangkan Apple cenderung enggan berkomentar. (techno)