oleh

Ini Alasan Daihatsu Hanya Jual Copen Manual

-Otomotif-12 views

JAKARTA, SALISMA.COM – Kebijakan penjualan diberlakukan buat Copen oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dengan hanya menjual model bertransmisi manual kepada konsumen umum. Sementara Copen CVT hanya dijual khusus buat keluarga Daihatsu.

Keluarga Daihatsu dalam hal ini adalah karyawan Daihatstu, karyawan Astra Group dan juga vendor, itu pun dengan persetujuan direksi ADM dan Astra-International Daihatsu Sales Operation (DSO).

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM menjelaskan, kebijakan tersebut mengikuti regulasi yang dikeluarkan Daihatsu pusat di Jepang. Pasalnya, Copen diciptakan khusus hanya untuk Jepang.

“Mobil ini didesain untuk pasar Jepang. kondisi CVT diciptakan juga untuk kondisi pasar Jepang. CVT pada Copen membutuhkan kondisi jalan yang mulus seperti di Jepang. Karena kondisi ini, kami tidak menjual untuk umum di Indonesia. Khawatirnya CVT tidak sanggup menghadapi kondisi jalan jakarta yang rusak dan berdebu,” jelas Amelia menjawab pertanyaan KompasOtomotif, saat media test drive Copen di Bali, Kamis (29/5/2015).

Amelia melanjutkan, kebijakan ini bukan membatasi konsumen untuk membeli Copen CVT. ADM ingin menghindari kekhawatiran bila nanti ada kendala pada sistem CVT saat dipakai konsumen umum. Situasinya bisa berbeda bila hanya dijual buat kalangan terbatas (keluarga Daihatsu), yang dianggap bisa mengerti bila nanti ada kendala pada CVT.

ADM melepas Copen manual dengan harga Rp 416.550.000. Sementara model CVT dilepas Rp 431.550.000. Untuk sementara sedan sport kupe ini hanya dijual di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Surabaya.(kompas)