oleh

Ternyata 7 Makanan Ini Juga Kaya kalsium Lho

Salisma.com – Kalsium adalah jenis mineral yang paling mudah untuk Anda temukan dalam makanan. Kebanyakan kalsium terdapat di dalam makanan yang mengandung susu atau produk olahan susu seperti keju atau yogurt.

Hal ini terkadang bisa menjadi kendala bagi Anda yang seorang vegetarian atau tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi produk susu karena Anda alergi dengan protein susu. Sebab dikhawatirkan Anda bisa kekurangan kalsium karena tidak mengonsumsi makanan jenis tersebut. Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah beberapa makanan selain susu yang tinggi akan kalsium.

Sayuran hijau
Sayuran berwarna hijau gelap merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Bayam, brokoli, sawi, dan kangkung adalah sayuran yang tinggi akan kalsium.

Wijen
Walaupun berbentuk kecil, wijen merupakan sumber kalsium. Wijen mampu mengontrol tekanan darah, mengurangi peradangan dalam tubuh, serta mencegah kanker.

Kacang almond
Kacang almond adalah jenis kacang yang paling tinggi nutrisi. Selain kalsium, kacang almond juga mengandung zat besi yang mampu menguatkan tulang Anda.

Jeruk
Selain vitamin C, jeruk tinggi akan kalsium. Sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan ganda dengan mengonsumsi jeruk.

Kacang
Kacang-kacangan terutama yang berwarna putih merupakan sumber kalsium dan zat besi yang berlimpah. Anda bisa menambahkannya ke dalam olahan makanan Anda.

Susu kedelai
Susu kedelai juga tinggi akan kalsium di dalamnya. Sehingga bagi Anda yang intoleran dengan protein susu sapi, bisa meminumnya sebagai sumber kalsium.

Tahu
Tahu kaya akan kalsium di dalamnya. Oleh karena itu tahu bisa menjadi menu makanan bagi vegetarian yang ingin memperoleh asupan protein.

Kalsium penting untuk kesehatan tubuh terutama mampu menguatkan tulang dan gigi, menyehatkan otot, serta menyeimbangkan hormon. Idealnya, Anda harus mengonsumsi 1000 mg kalsium per hari yang bisa Anda dapatkan dari susu dan makanan di atas.(merdeka)