oleh

Miris, Ibu Hamil ini Dibiarkan Berdiri di Commuterline

-News-7 views

SALISMA.COM (SC), JAKARTA – Pemandangan miris terlihat di dalam commuterline feeder Duri-Manggrai. Bagaimana tidak, seorang ibu yang sedang mengandung dibiarkan berdiri di dalam commuterline tersebut.

Padahal di hadapan ibu tersebut tampak muda-mudi yang asik dengan gadget dan laptopnya. Rute perjalan yang ditempuh perempuan tersebut memang tidak panjang, Selasa 31 Mei 2016, sekitar pukul 19.30 WIB.

Hanya satu stasiun, yaitu Stasiun Sudirman ke Manggarai. Bila rute dilalui tanpa hambatan, perkiraan waktu tempuh Sudirman-Manggarai 5 menit.

Namun, untuk menuju Manggarai tidak semulus itu. Penumpang diminta bersabar 10, 15, bahkan 30 menit karena kereta harus antre untuk masuk stasiun transit tersebut.

Di hadapan perempuan hamil itu tampak muda-mudi. Mereka asik bercengkerama dengan gadget-nya masing-masing meski di hadapan mereka ada orang yang menjadi prioritas untuk duduk.

Petugas Pelayanan Kereta (PPK) juga berulang kali memberitahukan penumpang untuk rela memberikan tempat duduknya kepada penumpang prioritas seperti lanjut usia, ibu hamil, difabel, serta ibu dan balita.

“Terimakasih bagi #RekanCommuters yg telah mengutamakan #PrioritySeat utk Ibu Hamil, Ibu&Balita, Lansia, Disabilitas,” tulis akun @CommuterLine, yang dilansir dari liputan6

Juru bicara PT Kereta Commuterline Jabodetabek, Eva Chairunisa mengatakan pihaknya sudah menempatkan kursi prioritas di setiap ujung rangkaian. Namun, bisa jadi kursi-kursi tersebut penuh.

“Sehingga tanpa perlu diminta ya mohon jika melihat kondisi demikian mungkin laki-laki atau perempuan lain yang dalam kondisi lebih sehat untuk memberikan tempat duduknya meskipun yang bersangkutan tidak sedang duduk di kursi prioritas,” ujar Eva.