oleh

1 Juni Ditetapkan Sebagai Hari Libur Nasional dan Lahirnya Pancasila

-News-9 views

SALISMA.COM (SC), BANDUNG – Presiden Joko Widodo secara resmi menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila sekaligus menjadikannya sebagai hari libur nasional.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi saat berpidato pada peringatan pidato Bung Karno 1 Juni 1945 yang merupakan cikal bakal lahirnya Pancasila, Rabu (1/6/2016) di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat.

Usai berpidato, Presiden Jokowi menandatangani keppres tentang penetapan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila.

Presiden yang mengenakan kemeja batik lengan panjang tiba di Pangkalan TNI Angkatan Udara Husein Sastranegara Bandung sekitar pukul 09.40 WIB.

Setelah beristirahat sejenak di ruang VVIP Lanud Husein Sastranegara, Presiden Jokowi dan rombongan menuju Gedung Merdeka Bandung untuk menghadiri Peringatan Pidato Bung Karno.

Selain Ibu Negara Iriana Joko Widodo, tampak hadir dalam acara itu sejumlah pejabat negara antara lain Menko PMK Puan Maharani, Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung dan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki.

Kehadiran Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di acara Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di Gedung Merdeka Bandung pada Rabu, mengawali kunjungan kerja Presiden dan Ibu Iriana ke beberapa provinsi.

Sumber: Kabar24